Misteri Kapal SV Resolven Yang Kehilangan Seluruh Kru dan Kaptennya

Misteri KapalHantu SV Resolven

Pada tanggal 29 Agustus 1884, sebuah Kapal pedagang besar terlihat suram karena ditinggalkan di laut kelabu yang berhembus angin antara Pulau Baccalieu dan Catalina, di titik utara Teluk Konsepsi, Newfoundland dan Labrador, Kanada.

Kapal itu ditemukan oleh kapal perang Angkatan Laut Kerajaan HMS Mallard, yang kala itu mendekatinya dan melihat bahwa ternyata kapal tersebut bernama SV Resolven, yang merupakan kapal dagang Welsh yang seharusnya dikapteni oleh John James, dan dioperasikan untuk mengangkut kargo antara Aberystwyth, Wales, dan Kanada.

Namun kapal tersebut ditemukan tanpa satupun awak atau penumpang, hanya terapung-apung sesuai keinginan laut, dan geladak benar-benar telah ditinggalkan.

Setelah beberapa upaya untuk melakukan kontak dengan siapa pun yang ada di sana gagal dilakukan, maka kru HMS Mallard memutuskan untuk naik ke kapal. Saat itulah berbagai hal-hal aneh mulai ditemukan, dan membuat penemuan Kapal SV Resolven menjadi salah satu misteri aneh yang belum terpecahkan hingga hari ini.

Misteri Kapal Hantu SV Resolven

Setelah kapal yang berlayar tanpa tujuan tersebut dinaiki, fakta yang terlihat semakin jelas adalah bahwa memang tidak ada satupun orang di sana. Tidak ada tanda-tanda kapten atau awak kapal, seluruhnya ditinggalkan begitu saja, meski semua muatannya masih ada di dalam palka.

Ini aneh, karena tidak ditemukan tanda-tanda kerusakan atau kebakaran, tidak ada yang dapat menjelaskan mengapa mereka ingin meninggalkan kapal dan muatannya begitu saja.

Kapal Angkatan Laut HMS Mallard

Yang membuatnya lebih aneh lagi adalah bahwa di dalam dapur ditemukan lampu dan kompor api yang masih menyala, serta makanan siap santap di atas meja yang menandakan seharusnya masih ada orang di dalam kapal.

Buku catatan ditemukan utuh, dan entri terakhir yang tercatat hanyalah kegiatan rutin yang dituliskan kurang lebih 6 jam sebelum HMS Mallard tiba. Sebuah sekoci juga ditemukan hilang, tetapi tidak ada yang tahu mengapa para kru SV Resolven ingin meninggalkan kapal.

Dugaan terbaik yang bisa mereka pikirkan adalah bahwa gunung es di dekat sana telah membuat semua kru panik. Namun, itu bukan ancaman langsung, apalagi sampai perlu mengambil tindakan ekstrim seperti meninggalkan kapal.

Yang paling aneh adalah kemanapun kru pergi, mereka tampaknya tidak membawa apa-apa. Dan satu-satunya yang diketahui hilang adalah sejumlah koin emas yang dimiliki sang kapten.
Apakah ini mungkin tindakan pembajakan? Jika demikian, mengapa hanya koin emas yang diambil dan meninggalkan barang berharga lainnya?

Kapal SV Resolven kemudian ditarik ke pelabuhan Catalina, dan nantinya akan digunakan kembali, tetapi ke mana kru dan kapten aslinya pergi masih menjadi misteri hingga hari ini. Seolah-olah mereka baru saja hilang di telan bumi.

Inilah misteri yang selama bertahun-tahun masih belum terpecahkan, bahkan kapal SV Resolven mendapatkan julukan “Kapal Hantu Trinity Bay” dan “Welsh Mary Celeste,” yang juga merupakan salah satu kasus aneh dimana sebuah kapal legendaris kehilangan seluruh penumpangnya begitu saja secara misterius.

Mystery Kapal Hantu Mary Celeste

Petunjuk Misteri Kapal SV Resolven

Tidak ada petunjuk baru tentang apa yang terjadi pada kru dan kapten kapal hantu ini, tidak ada petunjuk mengapa mereka tiba-tiba meninggalkan kapal di tengah jam makan dengan api yang masih menyala di dapur.

Baru pada tahun 2015, secara kebetulan seorang wanita dari Newfoundland bernama Daisy Bailey menemukan situs web peneliti Will Wain, cicit Kapten John James, yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun menyelidiki kasus aneh dalam upaya untuk menemukan jawaban. .

Ceritanya akan menambah petunjuk yang semakin menarik, sesuatu yang telah dia habiskan selama satu dekade untuk mencobanya.

Bailey secara kebetulan membaca kisah itu di situs Wain, dan kisah itu mengingatkannya pada kisah yang diwariskan di keluarganya sendiri. Ternyata tidak lama setelah penemuan SV Resolven yang ditinggalkan itu, kakeknya dan kakak laki-lakinya telah berada di pantai abu-abu sebuah pulau terpencil bernama Random Island, di Trinity Bay.

Random Island di Trinity Bay

Di sana mereka diduga menemukan sesosok tubuh yang duduk di bawah pohon di atas bukit, seolah-olah sedang memandang ke laut. Tubuhnya mengenakan seragam kapten, dan di atasnya ada jam tangan emas putih.

Tidak ada identifikasi yang dilakukan, tetapi penemuan pria misterius berseragam kapten ini akan bertepatan dengan garis waktu yang sama saat misteri SV Resolven muncul.

Bailey menjelaskan bahwa kedua pria tersebut belum melaporkan penemuan mereka pada saat itu, dan juga bahwa mereka tampaknya telah memperoleh banyak kekayaan pada saat yang sama, yang mungkin karena mereka telah menemukan koin emas yang hilang.

Wain akan mengatakan ini:

Seperti saya, cerita ini telah diturunkan dari berbagai generasi ke keluarganya sendiri. Dia juga memberitahu saya bahwa salah satu dari pasangan yang diduga menemukan kakek buyut saya tiba-tiba menjadi lebih kaya dari masyarakat lainnya tidak lama kemudian.

Dan, ketika dia meninggal, istrinya mulai menghabiskan kekayaan suaminya yang mungkin bernilai total sekitar £ 300 – dan itu adalah uang yang sangat banyak pada masa itu.

Wain sangat senang dengan kemungkinan bahwa dia akhirnya mendapatkan sebuah jawaban sehingga dia segera mengatur pertemuan dengan Bailey dan melakukan perjalanan ke tempat di mana mayat itu seharusnya ditemukan.

Cuaca yang buruk menghentikannya untuk melakukan perjalanan ke pulau tersebut pada saat itu, tetapi dia telah menyatakan bahwa dia berencana untuk mencoba lagi, meskipun tubuh itu tentunya sudah lama hilang, tetapi konon itu dikuburkan di kuburan tak bertanda di desa nelayan yang tidak disebutkan namanya.

Tidak diketahui apakah mayat yang ditemukan itu benar-benar milik Kapten John James, tetapi Wain tampaknya sangat yakin, dan dia bertujuan untuk menemukannya, melakukan tes DNA, dan jika itu benar-benar James, maka dia akan memberinya penguburan yang layak.

Mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada SV Resolven dan mengapa James akhirnya mati di pulau tersebut, Wain berkata:

Apa yang terjadi dengannya pada akhirnya hanyalah dugaan semua orang – mungkin dia kelaparan, meninggal karena cedera atau mati kedinginan. Sepertinya saya tidak akan pernah tahu semua detailnya, tetapi saya sudah mendengar banyak teori tentang rantai peristiwa apa yang mungkin membawanya hingga ke tempat itu.

Ada satu yang mengandaikan bahwa itu adalah penyelamatan diri dari gunung es, yang sepertinya terdengar tidak mungkin untuk banyak orang. Selain itu, ada banyak uang dan barang berharga di dalamnya, dan The Resolven bisa saja menjadi target para bajak laut, atau beberapa dari mereka yang ada di kapal bisa saja merencanakan pemberontakan.

Bahkan, saya pernah mendengar bahwa, selain kru biasa yang berjumlah sekitar delapan orang, ada empat pria lokal di dek yang meminta tumpangan di pantai. Jadi, jika itu adalah pekerjaan orang dalam, saya berani bertaruh bahwa mereka ada hubungannya dengan misteri ini.

Banyak sekali pertanyaan yang mengorbiti kasus ini. Apa yang terjadi dengan kapal ini dan krunya? Mengapa mereka meninggalkannya begitu tiba-tiba? Apakah bajak laut, pemberontakan, kepanikan gunung es, atau apa? Benarkah itu mayat kapten yang ditemukan di pulau terpencil itu, dan jika demikian, bagaimana dia bisa sampai di sana dan bagaimana dia bisa mati?

Lalu apa yang terjadi dengan kru lainnya dan apa yang terjadi dengan harta karun yang ada di dalamnya? Sampai hari ini belum ada yang dapat memberikan jawabannya, dan apapun masalahnya, sejauh yang diketahui, kru SV Resolven tidak pernah terlihat lagi, nasib mereka mungkin selamanya hilang seiring berjalannya waktu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*