Misteri Hilangnya Don Lewis Sang Jutawan Real Estate

Misteri Menghilanya Jack Donald Lewis

Suami Carole Baskin menghilang tanpa jejak pada 1997.

Saat lockdown dimulai tahun lalu, Tiger King yang muncul di Netflix dengan cepat menjadi topik hangat kontroversi di internet.

Apakah Joe Exotic benar-benar mencoba membunuh Carole Baskin? Mengapa tidak ada yang dilakukan tentang isu-isu seputar kesejahteraan hewan di tiga taman yang ditampilkan?

Pertanyaan lain yang keluar di bibir banyak orang adalah seputar hilangnya Don Lewis, suami dari Carole Baskin secara misterius.

Siapakah Don Lewis?

Jack Donald Lewis lahir pada tahun 1938 di Tampa Florida, dan pada awal tahun 80-an, dia sudah menjadi seorang jutawan melalui bisnis real estat dan mobil bekas. Don dan Carole Baskin kemudian bertemu dalam situasi yang paling aneh.

Suatu malam, Carole melarikan diri dari suaminya yang telah memukulnya dan saat berada di jalan, seorang pria berhenti di sebelahnya dengan mengendarai mobil dan menawarinya tumpangan, pria itu adalah Don.

Jack Donald Lewis & Windsong
Jack Donald Lewis & Windsong

Carole menolak, tetapi Don tetap bersikeras dan bahkan memberi Carole pistol untuk dipegang saat dia mengemudi, membuktikan bahwa dia tidak ada maksud jahat.

Tak butuh waktu lama, mereka kemudian melakukan perselingkuhan. Don masih berstatus menikah dengan istri pertamanya, Gladys dan Carole masih bersama suami pertamanya Michael.

Pada akhirnya mereka menceraikan pasangan masing-masing dan menikah pada tahun 1991, di gedung pengadilan setempat dengan sebuah upacara pernikahan kecil-kecilan

Carole Baskin
Carole Baskin

Tahun berikutnya, Don memberi Carole seekor kucing hutan berusia 6 bulan bernama Windsong. Dari sana, koleksi kucing eksotis mereka tumbuh dengan cepat, dan mereka membuka organisasi Wildlife di Easy Street, yang sekarang dikenal dengan Big Cat Rescue.

Pasangan itu memperebutkan tujuan organisasi tersebut. Carole ingin menjadikannya sebagai badan amal, tetapi Don ingin menjalankan bisnis dan membiakkan kucing untuk dijual. Don akhirnya menang.

Dalam waktu singkat mereka sudah memiliki 200 kucing dari berbagai spesies dan tentu saja biayanya juga mulai meningkat. Mereka kemudian mengubah beberapa kabin menjadi penginapan.

Menurut Orang-orang, dengan $75 per malam, para tamu dapat menginap di suaka mereka dan memelihara puma serta kucing hutan bersama di dalam kabin.

Carole Baskin (CEO Big Cat Rescue)
Carole Baskin (CEO Big Cat Rescue)

Don kemudian akan terbang ke Kosta Rika untuk bekerja. Mereka berencana untuk memindahkan kucing-kucing itu ke Amerika Tengah dan Don kemudian memiliki bisnis pengangkutan mobil di sana dan Florida.

Alasan lain untuk perjalanan tersebut adalah karena Don diduga memiliki dorongan seks yang tinggi dan berselingkuh dengan wanita di sana. Menurut mantan istri Don, Gladys, Don siap menceraikan Carole segera setelah pernikahan mereka dimulai.

Misteri Hilangnya Don Lewis

Tanggal 18 Agustus 1997 dimulai seperti hari-hari musim panas lainnya. Saat itu hangat tetapi sampai menyesakkan, karena Don meninggalkan rumah pada pukul 6.00 pagi untuk mengantarkan beberapa berkas real estat ke kantor pengacaranya.

Tidak ada yang melihatnya kembali dan baru keesokan harinya hilangnya Don Lewis dilaporkan oleh istrinya.

Misteri Hilangnya Don Lewis
Misteri Hilangnya Don Lewis

Dia menjelaskan kepada polisi bahwa Don memberitahunya pada tanggal 17 bahwa dia merencanakan perjalanan lain ke Kosta Rika dan bangun pagi-pagi keesokan harinya untuk terbang ke sana.

Pada 20 Agustus, van milik Don ditemukan di Bandara Pilot Country di Spring Hill, sekitar 40 mil dari rumah.

Kuncinya masih ada di dalam van tetapi tidak ada tanda-tanda pemiliknya. Don juga memiliki banyak pesawat, yang sering dia beli secara tiba-tiba. Meskipun memiliki pesawat, lisensi pilot pribadinya ditangguhkan karena tiga kecelakaan, tetapi dia tetap terbang tanpa memperdulikannya.

Ketika diwawancarai oleh penyelidik, staf di bandara mengklaim bahwa mereka tidak melihat sang jutawan pada pagi itu, dan juga tidak ada pesawat yang lepas landas dari landasan pacu mereka.

Carole memberi tahu polisi bahwa ingatan Don mulai memburuk selama beberapa tahun terakhir, dan dia sering menemukan Don lupa nama, tempat, dan pulang dengan belanjaan mahal.

Dalam postingan blognya di Big Cat Rescue, Carole berkata;

“Dalam beberapa tahun sebelum kepergiannya, perilaku Don berangsur-angsur menunjukkan tanda-tanda kemunduran mental. Awalnya Don, dari waktu ke waktu, akan membeli kendaraan atau peralatan lain di pelelangan dengan maksud untuk menjualnya kembali, meskipun sebagian besar tidak pernah terjadi…

Dia bahkan pernah tersesat hingga ke tempat pembuangan sampah, bahkan terjebak di sana dan meneleponku dengan menangis karena dia tidak tahu di mana dia berada.”

Terlepas dari klaim Carole, pengacara Don, Joe Fritz, menceritakan kisah yang berbeda dalam film dokumenter Netflix.

Fritz mengatakan kepada produser bahwa penurunan mental Don tidak faktual dan dia tahu persis apa yang dia lakukan. Hanya dua bulan sebelum dia menghilang, Don telah mengajukan perintah terhadap istrinya yang mengatakan bahwa dia mengancam akan membunuhnya.

Dia ingin Carole keluar dari rumah, karena dia takut akan nyawanya, tetapi perintah itu ditolak oleh pengadilan.

Joe Fritz
Joe Fritz

Sementara Carole mengkonfirmasi bahwa perintah penahanan telah diajukan, itu untuk menghentikannya mengeluarkan barang-barang yang ditimbun Don dari rumah, dan Don kemudian kembali untuk tinggal bersamanya meskipun ada permintaan perintah yang jelas.

“Selama seminggu dia pergi, aku akan mengangkut barang-barang itu sebanyak mungkin. Wendell [yang memiliki tempat perlindungan] memberitahu Don bahwa aku melakukan hal tersebut. Don kemudian mencoba menelepon polisi agar mereka menghentikanku.

Polisi mengatakan kepadanya bahwa dia membutuhkan perintah penahanan untuk hal ini. Jadi tidak jelas apakah itu ide Don untuk mendapatkan perintah penahanan, dengan mengatakan bahwa aku mengancamnya atau mungkin seseorang seperti Wendell yang menyarankan itu.”

Jenazah Don tidak pernah ditemukan dan Don dinyatakan meninggal secara hukum pada tahun 2002, yang menimbulkan banyak spekulasi dari semua sudut internet. Banyak tuduhan berasal dari rumor dan kebencian, termasuk banyak dari Joe Exotic sendiri.

Joe, anak-anak dan mantan istri Don percaya bahwa Carole membunuh suaminya dengan menjadikannya sebagai makanan harimau. Dalam video musik yang ia ciptakan berjudul, Here Kitty Kitty, seorang aktor yang sangat mirip dengan Carole Baskin terlihat memberi makan ‘bagian tubuh’ kepada harimau.

Video tersebut memiliki lebih dari 10 juta views, dan meskipun komentar dimatikan, video tersebut menerima 170.000 likes.

Carole menganggap teori Joe tentang memutilasi suaminya tidak masuk akal:

“Saat Gladys dan putri-putrinya melakukan segala yang mereka bisa untuk membuat hidupku sulit setelah Don menghilang, mereka menyebarkan desas-desus bahwa mereka mengira aku telah “menghancurkan” Don dan memberinya makan kepada kucing-kucing besar itu.

Media menyukainya. Penggiling daging yang ditampilkan dalam video sangat besar. Sedangkan penggiling daging yang kami miliki hanyalah seukuran meja kecil, dengan engkol tangan, seperti yang kamu miliki di dapur rumahmu.”

Meskipun Carole dipandang sebagai orang yang berkepentingan dalam kasus ini, dia cukup cepat dikesampingkan dalam penyelidikan. Ketika Sheriff Hillsborough County membuka kasus ini, dia tidak menemukan tanda-tanda pelanggaran di antara suaka hewan atau pemiliknya, dan klaim bahwa Carole memberinya makan untuk kucing tidak pernah diperhatikan lebih lanjut.

Joe Fritz memberitahu produser Netflix bahwa pada pagi hari hilangnya Don Lewis, dia seharusnya sedang pergi melihat pesawat dengan tujuan untuk membelinya. Joe berkata bahwa dia mendengar cerita Don terbunuh dan didorong keluar dari pesawat tersebut, di tengah penerbangan, ke laut.

Namun, menurut pilot Richard Schlesinger, mencekik seseorang di pesawat dan membuang tubuh mereka adalah hal yang sulit;

“Bayangkan perjuangan yang terlibat dalam mencekik seorang pria seberat 170 pon di kursi penumpang ini. Kemudian, jika rencananya adalah untuk mendorongnya keluar dari pintu… itu juga sebuah tantangan besar.

Paling lambat pesawat ini bisa terbang adalah sekitar 65 mph — dan itu berarti angin yang mendekati kekuatan badai akan mendorong pintu pesawat, mencoba untuk membuatnya tetap tertutup.”

Carole tidak percaya bahwa dia akan didorong keluar dari pesawat, tetapi dia berpotensi jatuh ke laut saat terbang karena kecelakaan. Dalam hal ini, akan sulit untuk menemukan pesawat tersebut dan sisa-sisa tubuh Don.

Carole juga mengklaim dalam sebuah posting blog bahwa Don meminjamkan uang mafia Kosta Rika lokal, yang merupakan cara dia mengaktifkan Surat Kuasa untuk asetnya, untuk terus berlari ke tempat perlindungan.

Don memiliki 200 hektar tanah di negara Amerika Tengah dan mulai mengalihkan kepemilikan propertinya di Florida ke Wito Corporation, bisnis yang dimilikinya di Kosta Rika.

Polisi yang menyelidiki di Florida terbang selama lima hari, mewawancarai teman dan pekerja Don di sana tetapi tidak pernah menemukan bukti bahwa Don pernah ke Kosta Rika sejak dia menghilang. Kartu kredit Don juga tidak pernah digunakan lagi setelah dia menghilang.

Don meninggalkan aset $5 juta, termasuk polis asuransi jiwa $ 1,25 juta, yang dibayarkan sebagian kepada sekretarisnya selama 18 tahun, Anne McQueen. Aset $ 5 juta meninggalkan Carole dan anak tirinya dalam pertempuran hukum, yang berakhir dengan anak-anak Don menerima $ 1 juta di antara mereka, dengan sisanya yang jatuh ke tangan Carole.

Pada tahun 2002, Carole bertemu Howard Baskin, seorang konsultan manajemen dan mereka berdua menikah di sebuah pantai. Upacaranya kecil dan foto pernikahan mereka lucu, saat Carole berpose dengan Howard yang terikat tali.

Alex Spiro.
Alex Spiro.

Anak-anak dan mantan istri Don tidak begitu yakin bahwa ini adalah cerita yang sebenarnya, dan sekarang mereka mengarahkan teori mereka kepada pengacara terkenal Alex Spiro.

Pengacara, yang kliennya termasuk Jay-Z dan Mick Jagger, bukanlah orang baru dalam kehidupan profil tinggi. Dia berada di tim pembela Aaron Hernandez pada tahun 2015, dan dia adalah bagian dari tim investigasi dalam penghilangan Kathleen Durst pada tahun 1982. Dia juga bagian dari tim penuntutan terhadap pembunuh berantai Rodney Alcala.

“Jika dia ditemukan, saya akan merawatnya selama sisa hidupnya dan suami saya Howie adalah tipe orang yang akan mengerti itu,” kata Carole Baskin kepada Fox News pada Januari lalu.

Spiro berencana untuk menyelidiki kasus hilangnya Don Lewis selama 24 tahun yang belum terpecahkan ini, dimulai dengan saksi. Menurut sumber berita, Spiro sudah memiliki saksi penting dalam kasus tersebut.

Jika ada satu orang untuk pekerjaan memecahkan kasus hilangnya Don Lewis, itu adalah Alex Spiro.

There are things known and there are things unknown, and in between are the doors of perception ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
error: Alert: Konten Dilindingi !!