Apa itu Museum SCP dan SCP Foundation?

Apa itu Museum SCP dan SCP Foundation

SCP Foundation adalah organisasi fiksi yang didokumentasikan oleh proyek kolaboratif berbasis web dengan nama yang sama. Dalam pengaturan fiksi situs webnya, SCP Foundation atau Museum SCP bertanggung jawab untuk penempatan yang berisi individu, entitas, lokasi, dan objek yang melanggar hukum alam yang disebut sebagai SCP (Secure, Contain, Protect.).

Situs web dunia nyatanya berbasis komunitas dan mencakup elemen dari banyak genre seperti horor, fiksi ilmiah, dan fantasi urban. Di wiki SCP Foundation, sebagian besar berisikan tentang “prosedur penahanan khusus” seperti dokumentasi internal terstruktur yang menjelaskan objek SCP dan cara menyimpannya.

Situs web ini juga berisi ribuan “Foundation Tale”, cerita pendek yang terjadi dalam pengaturan SCP Foundation. Serial ini dipuji karena kemampuannya menyampaikan horor melalui gaya penulisan ilmiah dan akademisnya, serta karena standar kualitasnya yang tinggi.

Apa itu Museum SCP?

Dalam situsnya disebutkan bahwa Museum SCP adalah sebuah tempat dimana sebuah organisasi rahasia yang dipercayakan oleh pemerintah di seluruh dunia untuk menampung dan mempelajari individu, entitas, lokasi, objek, dan fenomena anomali yang hidup di luar batas hukum alam.

Jika dibiarkan, benda-benda atau makhluk tersebut akan menjadi ancaman langsung bagi kehidupan manusia serta persepsi manusia tentang realitas dan kenormalan.

Keberadaan SCP dirahasiakan dari publik untuk mencegah kepanikan massal dan memungkinkan peradaban manusia berfungsi normal. Ketika sebuah SCP ditemukan, SCP Foundation akan  menyebarkan agen untuk mengumpulkan dan mengangkut SCP tersebut ke fasilitas Foundation, atau menahannya di lokasi penemuan jika pengangkutan tidak memungkinkan.

Jika SCP terlalu luas, sulit dipahami, atau tidak dapat diakses, maka penanganan yang dilakukan terdiri dari menyembunyikan semua pengetahuan tentang SCP dari publik. Apabila SCP berhasil ditangkap, mereka akan dipelajari oleh para ilmuwan Foundation.

Subjek tes yang diperoleh oleh Foundation (disebut sebagai kelas D) digunakan untuk berinteraksi dengan SCP lainnya yang lebih berbahaya karena masalah keamanan yang ditimbulkan oleh SCP tersebut.

SCP Foundation menyimpan dokumentasi untuk semua SCP yang berada dalam pengawasannya di dalam Museum SCP, dan dapat menyertakan atau menautkan kepada laporan dan berkas terkait. Dokumen-dokumen ini menjelaskan berbagai jenis SCP serta instruksi untuk menyimpannya dengan aman.

Contoh Dokumentasi SCP yang berada di Museum SCP (Klikuntuk melihat gambar)

  • SCP-055: sesuatu yang menyebabkan siapa pun yang memeriksanya melupakan berbagai karakteristiknya, sehingga membuatnya sesuatu yang tak dapat dideskripsikan.
  • SCP-087: tangga yang “tampaknya” turun selamanya. Tangga ini dihuni oleh SCP-087-1, yang digambarkan sebagai makhluk tanpa wajah (tanpa mulut, pupil atau lubang hidung).
  • SCP-108: sistem bunker Nazi yang hanya dapat diakses melalui portal yang terdapat di “hidung” seorang wanita yang ada disana.
  • SCP-173: patung humanoid yang terdiri dari besi beton dan cat semprot Krylon. Patung ini tidak bergerak ketika diamati secara langsung, tetapi menyerang orang dan mematahkan leher mereka ketika matamu tidak memandang ke arah patung tersebut. Ia sangat cepat, ke titik di mana ia bisa bergerak beberapa meter saat kamu berkedip.
  • SCP-294: mesin kopi yang dapat mengeluarkan apapun yang ada di dunia ini dalam bentuk cair.
  • SCP-426: pemanggang roti yang bagi siapa saja yang menyadarinya. sudut pandang mereka akan menjadi di posisi pemanggan roti tersebut.
  • SCP-1171: rumah yang jendelanya selalu tertutup kondensasi; dengan menulis di kaca jendela dalam kondensasi tersebut, dimungkinkan untuk berkomunikasi dengan entitas ekstra-dimensi yang jendelanya juga tertutup kondensasi. Entitas ini memiliki permusuhan yang sangat kuat terhadap manusia, tetapi mereka tidak mengetahui bahwa anggota SCP Foundation adalah manusia.
  • SCP-1609: mulsa yang dapat teleport ke paru-paru siapa pun yang mendekatinya dengan agresif atau saat mengenakan seragam tertentu.  Dulunya benda itu adalah sebuah kursi yang akan berteleportasi ke orang terdekat mana pun yang merasa perlu untuk duduk, tetapi berubah menjadi agresif setelah dimasukkan ke dalam mesin penghancur kayu oleh organisasi musuh.
  • SCP-3008: toko ritel IKEA yang memiliki ruang interior tak terbatas dan tanpa batas fisik, menyebabkan calon pelanggan terperangkap setelah mereka tersesat di dunia dimensi. Ini berisi peradaban dasar yang dibentuk oleh pelanggan tersebut, yang dipaksa untuk membela diri dari humanoids yang ditunjuk sebagai SCP-3008-2, yang menyerupai karyawan IKEA dan akan menjadi agresif di malam hari.

Selain itu, jika kamu saat ini sedang menganggur, kamu mungkin ingin mengambil lowongan kerja di Museum SCP. Tentunya dengan bayaran yang cukup besar.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*