Misteri Waduk Saguling Bandung dan Mitosnya

Misteri Waduk Saguling Bandung dan Berbagai Mitosnya

Bandung menjadi salah satu kota yang memiliki banyak tempat menarik, salah satunya adalah tempat angker di Bandung Barat yang dikenal oleh banyak orang dengan nama Waduk Saguling.

Waduk dengan ketinggian 643 meter ini sudah mulai direncanakan untuk dibangun sejak jaman kolonial Belanda dan sekarang berfungsi untuk membendung aliran sungai Citarum.

Namun, mengapa Waduk Saguling dikatakan sebagai tempat angker di Bandung? itu karena waduk ini tidak terlepas dari mitos-mitos yang beredar di masyarakatnya, seperti adanya kerajaan gaib tak kasat mata hingga berbagai mitos menyeramkan lainnya yang membuat waduk ini dipenuhi dengan nuansa misteri yang kental.

Misteri Waduk Saguling Bandung

Beberapa mitos dan misteri Waduk Saguling yang kerap beredar di masyarakat sekitarnya dan membuat banyak orang yang penasaran adalah seperti di bawah ini.

Tempat Angker Waduk Saguling Bandung

Penampakan Hantu

Hantu adalah salah satu misteri yang paling sering muncul jika kita membahas sebuah tempat angker, begitu juga dengan penampakan hantu di Waduk Saguling.

Banyak masyarakat sekitar yang mengatakan bahwa waduk ini memiliki banyak penunggu yang tidak bisa digambarkan bagaimana bentuknya, akan tetapi mereka meyakini bahwa apabila ada seseorang yang melihat penampakan tersebut, maka dia akan langsung kesurupan, dan mayoritasnya adalah perempuan.

Petilasan Sahyang Tikoro

Petilasan berbentuk seperti gua dengan sebuah aliran sungai juga dimiliki oleh Waduk Saguling dan konon katanya pernah ditempati oleh Prabu Brawijaya (Kerajaan Majapahit) dan Prabu Siliwangi (Kerajaan Padjajaran), sehingga tempat ini sering didatangi oleh wisatawan yang menyukai sejarah dan spiritual.

Memancing Ikan Setan

Waduk Saguling juga aktif digunakan sebagai tempat memancing oleh masyarakat sekitar dan para pengunjung, karena ada banyak ikan air tawar yang bisa ditemukan.

Namun pada suatu hari, kegiatan memancing ini pernah menghebohkan masyarakat sekitar karena ada salah seorang warga yang mendapatkan ikan setan di Wadung Saguling.

Ciri-ciri ikan setan dari waduk ini diklaim memiliki mata yang merah menyala dengan sisiknya yang separuh hilang, dan gigi taring yang tajam.

Karena kejadian ini, sekarang masyarakat di sana memberi peringatan untuk melepas ikan tersebut jika para pemancing tidak sengaja menangkapnya agar dapat terhindar dari bencana atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Ikan Setan Waduk Saguling Bandung

Kerajaan Gaib

Salah satu mitos yang paling dipercaya oleh masyarakat Waduk Saguling dan sudah lama beredar adalah adanya sebuah Kerajaan Gaib di dasar waduk tersebut. Dan konon katanya, kerajaan tersebutlah yang kerap kali menjadi penyebab banyak orang yang tenggelam di Waduk Saguling.

Kematian Para Pekerja

Banyak pekerja yang tewas, selama proses pembangunan Waduk Saguling yang dimulai pada tahun 1985, dan konon katanya penyebab kematian mereka cukup beragam. Misalnya seperti kelelahan, tiba-tiba sakit, terjatuh dan sebagainya.

Dan karena kematian puluhan pekerjanya inilah, nuansa angker di Waduk Saguling terasa begitu kental dan mampu membuat merinding siapa saja yang ada di sana.

Masyarakat sekitar juga mengatakan bahwa kemungkinan kematian para pekerja tersebut adalah tumbal untuk menjamin kesuksesan pembangunannya pada masa itu.

Waduk Saguling Bandung

Korban Tenggelam Karena Lilitan Siluman Ular

Tidak hanya saat proses pembangunannya Waduk Saguling memakan banyak korban, tetapi juga sejak waduk tersebut mulai beroperasi. Salah satu kejadian yang paling banyak menarik perhatian warga adalah ketika ada seorang pria 53 tahun yang tiba-tiba menghilang.

Saat itu, segala macam cara telah dilakukan untuk mencari pria tersebut, termasuk dengan bantuan tim SAR, tetapi hasilnya nihil, setidaknya hingga 3 hari kemudian.

Tiga hari setelah korban menghilang, para warga meminta bantuan pemuka agama setempat, yang akhirnya membuahkan hasil. Korban berhasil ditemukan di dasar waduk, hanya saja dalam keadaan tewas dengan kondisi yang menggenaskan seperti telah dimakan hewan buas.

Menurut salah satu paranormal di sana, korban dikatakan telah dililit oleh siluman ular besar yang berasa dari kerajaan gaib yang ada di Waduk Saguling.

Memancing Bersama Hantu

Memancing adalah salah satu kegiatan yang gemar dilakukan oleh masyarakat Waduk Saguling. Kegiatan ini dapat menghilangkan penat dan lelah setelah bekerja, apalagi ketika ada teman yang menemani saat menunggu umpan dimakan oleh ikan yang ada di waduk tersebut.

Namun, lagi-lagi karena mitos Waduk Saguling, para warga memberi himbauan kepada pengunjung untuk berhati-hati ketika sedang memancing, dan bertemu dengan orang yang tidak dikenal dan mengajak mengobrol, karena pasalnya banyak makhluk halus yang sering menjelma menjadi manusia untuk menenami orang yang sedang memancing di sana.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*