Misteri Di Balik Foto Solway Firth Spaceman

Misteri Di Balik Foto Solway Firth Spaceman

Jim Templeton, seorang petugas pemadam kebakaran lokal dari Carlisle, Cumberland, Inggris, membawa istri, dan putrinya untuk perjalanan di Burgh Marsh pada 23 Mei 1964.

Jim juga seorang penggemar fotografi, dan seperti semua orang-tua baru, motivasi utamanya adalah putrinya yang berusia lima tahun, Elizabeth.Dia mengambil tiga foto putrinya pada tamasya keluarga itu.

Ketika mereka kembali ke rumah, Jim kemudian pergi untuk mencetak foto-fotonya. Namun, teknisi yang memproses foto-foto itu menunjukkan bahwa ada hal aneh di latar belakang yang “merusak” salah satu foto.

Sosok Misterius Solway Firth Spaceman

Ketika Jim mengambil foto itu, dia yakin tidak ada orang yang berdiri di belakang. Istrinya berdiri di belakangnya. Dua gambar lainnya dalam urutan tidak menunjukkan penampakan seperti itu.

Ketika pencetak foto memperlihatkan sosok eksentrik itu ke Jim, dia langsung membawanya ke polisi. Polisi memeriksa foto-foto itu dan menyatakan bahwa tidak ada yang mencurigakan. Setelah itu tak butuh waktu lama untuk sebuah surat kabar lokal menerbitkan kisah foto itu, dan beritanya dengan cepat menyebar ke seluruh kota.

Foto Solway Firth Spaceman Yang Penuh Misteri

Foto itu menarik perhatian semua orang yang ingin tahu dan mencoba memecahkan misteri siapa (apa?) sosok yang seperti astronot itu. Surat gambar lain juga mempublikasi foto tersebut, dan beberapa teori yang berbeda mulai muncul.

Teori Foto Solway Firth Spaceman:

Salah satu teori paling aneh mengatakan bahwa Jim Templeton telah menangkap gambar alien. Dikatakan bahwa UFO dan alien dilindungi oleh beberapa perangkat penyelubung. Ini membuat mereka tidak terlihat oleh mata manusia tetapi bisa terekam oleh kamera.

Beberapa laporan juga mengatakan bahwa ada dua pria misterius (juga disebut sebagai Men in Black) mengunjungi rumah Jim, memintanya untuk membawa mereka ke daerah yang tepat dimana peristiwa itu terjadi.

Jim Templeton kemudian menjelaskan bahwa dua pria yang mengunjunginya menolak untuk mengungkapkan identitas mereka. Namun, mereka mengatakan mereka bekerja untuk pemerintah dan hanya dipanggil dengan angka.

Setelah sampai di lokasi, Jim menjelaskan kepada mereka bahwa dia tidak melihat sosok itu secara langsung saat itu. Mendengar hal tersebut, kedua pria misterius itu marah dan langsung pergi meninggalkannya sendirian di lokasi. Kemudian, Jim menyebut kedua pria itu sebagai penipu.

Menurut jurnalis investigasi Inggris, David Clarke, sosok itu adalah Annie Templeton, istri Jim, yang secara tidak sengaja “dipotret” dalam foto itu.

Suaminya tidak dapat melihatnya karena titik buta pada kamera Pentacon F SLR, yang memungkinkannya untuk melihat hanya tujuh puluh persen dari apa yang telah ditangkap oleh lensa.

Dalam foto tersebut, Annie berdiri membelakangi kamera, dan gambarnya terlalu terbuka, menyebabkan gaun birunya tampak berwarna putih.

Foto-foto lain oleh Jim juga menangkap beberapa bagian dari istrinya yang mengenakan gaun biru muda.

Teori Foto Solway Firth Spaceman
Teori Foto Solway Firth Spaceman

Apakah Seseorang Secara Tidak Sengaja Memfilmkan Gambar Tidak Dikenal di Kamera?

Baca Juga:  Misteri Gunung Rainier Yang Terus Memakan Korban

Mencoba memecahkan misteri itu, Jim mengambil foto dan negatifnya ke perusahaan Kodak, untuk memeriksa apakah aslinya telah dimanipulasi dengan cara apa pun. Jim juga ingin memvalidasi apakah itu kesalahan fotografi.

Para ahli dari Kodak telah menguji gambar untuk tanda-tanda perubahan atau gangguan, tetapi tidak ada. Kodak bahkan sudah mulai memberikan hadiah film gratis selama satu tahun kepada siapa saja yang bisa memecahkan misteri tersebut. Namun, hadiah itu tidak pernah diklaim.

Menurut para ahli ufologi, ini adalah kasus yang jelas dari “manusia luar angkasa”. Spaceman (astronot) yang mengenakan helm, setelan putih, dan visor gelap.

Beberapa hari kemudian, uji coba rudal Blue Streak di Australia Selatan dibatalkan karena terdeteksi dua sosok besar di jalur tembak. Jim juga menyebutkan bahwa para teknisi kemudian melihat foto itu di sebuah surat kabar Australia dan mengklaim bahwa sosok itu persis sama dengan yang ada di jalur mereka.

Detail Lain Dari Kisah Jim Templeton

Jim Templeton sudah terkenal di Cumbria sebelum fotonya menjadi viral. Seorang sejarawan dan fotografer amatir, arsip foto Jim adalah sumber yang digunakan dengan baik oleh surat kabar lokal.

Hanya beberapa minggu sebelum kejadian ‘spaceman’, Jim telah menipu teman-temannya dengan uang kertas lima pon palsu yang dia lakukan dengan keterampilan fotografinya.

Elizabeth Templeton

Apakah Jim Templeton memalsukan gambar luar angkasa untuk sebuah lelucon? Pada tahun 1997, ahli foto Roger Green dari Universitas Bradford mempelajari gambar tersebut. Ia menyimpulkan bahwa foto tersebut telah dimodifikasi dengan teknik superimposition.

Teori lain mengatakan bahwa mungkin teman-teman Jim di lab foto lokal mungkin telah mengejek foto tersebut. Jadi itu adalah caranya untuk membalas dendam dengan lelucon praktis pada mereka.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC, Jim berkata,

Saya telah menerima ribuan surat di seluruh dunia dengan berbagai ide atau kemungkinan – sebagian besar tidak masuk akal bagi saya.

Sekarang, Orang yang mengambil foto ini, Jim Templeton, meninggal pada 27 November 2011. Dan sudah lebih dari lima puluh tahun, dan foto Solway Firth Spaceman masih tetap tidak jelas.

There are things known and there are things unknown, and in between are the doors of perception ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
error: Alert: Konten Dilindingi !!