Misteri Hilangnya Steven Kubacki Selama 15 Bulan

Misteri Hilangnya Steven Kubacki

Pada tahun 1978, Steven Kubacki yang berusia 23 tahun hanyalah seorang mahasiswa biasa, belajar bahasa Jerman di sebuah universitas swasta bernama Hope College, di Michigan.

Dia adalah murid yang baik, mencintai keluarganya, dan tidak ada hal yang diluar kata normal dari dirinya. Jadi jelas tidak ada yang menandakan bahwa dia akan menjadi bagian dari misteri aneh yang belum terpecahkan.

Kisahnya akan dimulai ketika pada bulan Februari tahun itu dia memutuskan untuk melakukan perjalanan ski lintas alam melewati Danau Michigan yang membeku.

Sebenarnya, semua ini adalah hal normal karena Kubacki menyukai kegiatan outdoor dan merupakan seorang pemain ski yang handal. Namun pada hari itu tampaknya dia akan bermain ski di sepanjang es dan tak pernah berhenti hingga menghilang dari muka bumi.

Dari sanalah misteri tak masuk akal yang belum terpecahkan itu dimulai, hingga dia kembali pada suatu hari yang justru membuat kasusnya menjadi semakin aneh..

Misteri Hilangnya Steven Kubacki

Dia berangkat dengan semangat dan perlengkapan yang baik, serta tidak menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah, tetapi Kubacki ternyata tidak pulang sesuai jadwal.

Pencarian intensif akan segera dilakukan, tetapi yang bisa ditemukan hanyalah papan ski dan tongkatnya di tepi danau yang membeku, serta jejak kaki yang dianggap miliknya, yang keluar sekitar 200 yard sebelum mereka melakukan pencarian.

Namun anehnya jejak itu tiba-tiba berhenti di tepi danau, tanpa ada tanda-tanda penyebabnya.

Pencarian Steven Kubacki
Pencarian Steven Kubacki

Tidak ada petunjuk apapun dari Kubacki sendiri, dan seluruh pemandangan yang ada di sana memberikan kesan bahwa dia baru saja menguap ke udara. Tetapi anehnya, keesokan hari ransel milik Kubacki muncul tepat di tengah-tengah area yang bahkan sudah ditelusuri berulang kali.

Tidak membantu sama sekali, petunjuk ini justru semakin memperdalam misteri hilangnya Steven Kubacki.

Pertama kali dipikirkan bahwa, karena jejak-jejak itu berhenti tiba-tiba, dia kemungkinan telah jatuh ke dalam es, tetapi tidak ada lubang yang ditemukan di danau, bahkan tidak ada indikasi dia masuk ke dalam air sama sekali.

Pencarian ekstensif diluncurkan untuk menjelajahi daerah itu, tetapi tidak ada jejak Kubacki, bahkan ketika salju mencair. Meskipun pencarian baru menggunakan anjing pelacak dan penyelam, faktanya tidak ada mayat yang ditemukan, tidak ada peralatan atau pakaiannya, dia benar-benar lenyap..

Steven Kubacki
Steven Kubacki

Teori kasus menghilangnya Steven Kubacki terus berputar-putar. Apakah dia tenggelam di danau, menjadi korban tindak kejahatan atau serangan binatang, apakah dia melarikan diri untuk memulai hidup baru?

Teori terakhir itu tidak masuk akal karena dia stabil secara mental, berharap untuk menyelesaikan studinya, dan sudah memiliki pekerjaan impian yang sesuai di surat kabar Holland Sentinel.

Jadi, apa yang terjadi padanya? Tidak ada yang tahu.

Seiring berlalunya hari, jelas bahwa Kubacki pasti telah meninggal entah bagaimana, tetapi keluarga Kubacki dibiarkan dalam limbo yang berliku-liku karena tidak memiliki penutupan atas kasusnya dan ketidaktahuan membuat harapan mereka untuk menemukan jawaban menjadi redup.

Segera Kubacki akan dianugerahi gelar sarjana in absentia dari Hope College, dan meskipun terlihat kecil kemungkinan dia masih hidup, dia tidak pernah dinyatakan meninggal secara hukum.

Tidak ada petunjuk lebih lanjut, tidak ada petunjuk tentang apa yang terjadi dengan Kubacki, dan dia sebagian besar diperkirakan telah mati di hutan belantara, tetapi misteri kasus ini akan berbelok tajam ke arah lain.

Kemunculan Tiba-tiba Steven Kubacki

Pada tanggal 5 Mei 1979, tepat 15 bulan setelah Kubacki menghilang, dia tiba-tiba muncul di depan pintu rumah bibinya di Pittsfield, Massachusetts, tampak linglung dan bingung tetapi dalam keadaan sehat.

Pasti seperti melihat hantu bagi orang tuanya yang putus asa, tetapi akhirnya mereka sangat gembira mengetahui bahwa anak mereka masih hidup dan sehat.

Pertemuan Kembali Kubacki Dengan Orang Tuanya
Pertemuan Kembali Kubacki Dengan Orang Tuanya

Ketika dilaporkan ke pihak berwenang, Kubacki dinyatakan dalam kondisi kesehatan yang cukup baik, tetapi dari mana saja dia?

Tentu saja, dia ditanyai secara ekstensif tentang apa yang terjadi padanya, tetapi anehnya dia tidak dapat mengingat apa pun di mana dia berada. 15 bulan berlalu, dan Kubacki bahkan tidak menyadari bahwa dia telah melewati waktu sebanyak itu.

Apa yang sebisa mungkin diingatnya akan mendorong kasus ini jauh lebih aneh.

Kubacki mengklaim bahwa dia telah kehilangan kesadaran di beberapa titik selama pendakiannya di Danau Michigan, dan ketika dia terbangun, dia telah berbaring di sebuah lapangan di Pittsfield, yang berjarak 700 mil penuh ke timur dari tempat dia menghilang.

Yang membuat semuanya menjadi misteri adalah dia telah mengenakan pakaian asing yang bukan miliknya, dan di sampingnya ada tas yang juga bukan miliknya, penuh dengan peta yang tidak dia kenali, serta tanda-tanda hitchhiking untuk lokasi yang berbeda seperti Sacramento, San Francisco, Reno, Chicago, dan Utah.

Dia juga membawa uang tunai $40, kacamata baru, sepatu kets, dan kaos oblong dari event marathon di Wisconsin, dan dia mengaku memang merasa seperti telah melakukan banyak lari.

Mempertimbangkan tanda-tanda yang dia miliki, sepertinya dia telah melakukan perjalanan yang cukup ekstensif, tetapi dia tidak mengingatnya sama sekali.

 

Misteri Steven Kubacki

Dia hanya ingat semua sampai perjalanan skinya, dan mengklaim ingatan terakhirnya hanya sampai saat bangun di lapangan itu. Dalam kekosongan 15 bulan dia hanya “merasa kedinginan dan takut tersesat dalam kegelapan yang membekukan.”

Setelah ini, Kubacki akan menolak untuk mengomentari pengalamannya, baik yang tidak mampu dijawab atau tidak mau dia bicarakan tentang 15 bulan sebelumnya.

Satu hal yang akan dia katakan adalah bahwa dia tidak pernah memiliki niat untuk melarikan diri, dan bahwa dia berada dalam kondisi mental yang stabil ketika dia menghilang.

Kubacki akan melanjutkan kehidupan normal dan studinya, menolak untuk melakukan wawancara lebih lanjut dan mendapatkan gelar master dalam linguistik dan PhD dalam psikologi klinis.

Dia akan terus menulis buku berjudul Meta-Mathematical Foundations of Existence: Gödel, Quantum, God & Beyond, dan sampai hari ini tinggal di Pacific Northwest, bekerja sebagai psikolog.

Teori Kasus Aneh Steven Kubacki

Sementara itu, kasus anehnya terus didiskusikan dan diperdebatkan, kita hanya memiliki sedikit jawaban pasti.

Yang membuat semuanya semakin aneh adalah bahwa penghilangan dan kemunculannya itu terjadi di area yang disebut “Segitiga Michigan”.

Segitiga Michigan
Segitiga Michigan

Area ini membentang dari Manitowoc, Wisconsin, ke Ludington, Michigan, dan selatan ke Pelabuhan Benton, yang telah menjadi rumah bagi banyak bencana udara yang tidak dapat dijelaskan, bangkai kapal, dan kasus penghilangan lainnya sejak berabad-abad yang lalu.

Kebetulan atau tidak?

Perdebatan dan diskusi terus berlanjut tentang pengalaman aneh Kubacki. Mengapa dia menghilang dan meninggalkan semua barang-barangnya, dan mengapa jejak kakinya tiba-tiba berhenti di danau beku itu?

Di mana dia selama 15 bulan itu dan mengapa dia tidak mengingatnya? Satu teori yang muncul lainnya adalah bahwa dia mengalami semacam amnesia, tetapi dia tidak menggunakan obat-obatan dan tidak mengalami cedera yang dapat dianggap sebagai penyebabnya.

Dia mungkin juga masuk ke apa yang disebut “fugue disosiatif” atau lebih populer disebut sebagai “Sindrom Jason Bourne,” yaitu sebuah kondisi yang sangat langka dan kurang dipahami di mana penderita akan kehilangan kesadaran akan identitas mereka atau informasi otobiografi penting lainnya untuk jangka waktu tertentu.

Namun mereka masih mempertahankan kemampuan untuk beraktifitas dan bertahan hidup, sering melakukan perjalanan yang tidak direncanakan atau membuat identitas baru selama episode berlangsung.

Korban biasanya akan “bangun” di tempat yang tidak dikenal dan tidak memiliki ingatan saat berada dalam keadaan fugue, yang dapat membingungkan karena dapat berlangsung selama berjam-jam, berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan lebih lama.

Namun, tampaknya tidak ada alasan yang diketahui mengapa ini terjadi pada individu yang cerdas dan pandai beradaptasi seperti Kubacki, karena fugue ini biasanya disebabkan oleh beberapa pengalaman traumatis yang kuat dalam kehidupan seseorang.

Teori lain termasuk bahwa dia hanya melarikan diri untuk mengambil cuti sesaat dan berbohong tentang kehilangan ingatannya, atau bahkan mungkin dia diculik oleh alien atau entah bagaimana menyelinap ke dimensi lain dan dimuntahkan kembali tanpa ingatan.

Tapi semua itu hanya teori.

Apa yang terjadi dengan Steven Kubacki? Di mana dia selama 15 bulan itu dan mengapa dia tidak bisa mengingatnya? Satu-satunya yang mungkin tahu pasti adalah Kubacki sendiri, dan dia tidak mau membicarakannya, atau dia memang benar-benar tidak ingat.

There are things known and there are things unknown, and in between are the doors of perception ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
error: Alert: Konten Dilindingi !!