Misteri Menara Saidah

Misteri Menara Saidah, Istana Jin di Tengah Kota Jakarta

Di jalan Gatot Subroto, kita bisa melihat sebuah gedung megah berlantai 30 berdiri di tengah – tengah area perkantoran elit di Jakarta. Namun tidak seperti yang terlihat dari luar. pasalnya gendung ini telah resmi ditutup sejak tahun 2007.

Menara Saidah, diresmikan pada tahun 2001, dengan desain mewahnya yang bergaya arsitektur Romawi. Gedung ini sempat terkenal karena banyaknya kabar yang beredar mengenai keangkeran dan berbagai misteri yang menyelimutinya, gedung ini juga sering disebut sebagai Istana Jin.

 

Misteri Istana Jin di Menara Saidah

 

Pada awal diresmikannya Menara Saidah, banyak sekali perusahaan – perusahaan milik pemerintah maupun swasta yang tertarik untuk menempatkan kantor mereka di gedung ini karena memang letaknya yang strategis. Namun seiring berjalannya waktu hingga tahun 2007, banyak perusahaan yang memilih menghentikan sewanya dan pindah dari gedung ini.

Beberapa alasan yang masuk akal adalah karena biaya sewanya yang terlalu mahal, ada juga yang mengatakan bahwa mereka merasa gedung ini mengalami kemiringan tiap tahunnya, sehingga ditakutkan membahayakan para pekerja di sana jika suatu waktu gedung ini roboh. Namun para kontraktor yang membangun dan merenovasi gedung ini menolak pernyataan tersebut, karena mereka mengatakan bahwa tidak ada kesalahan dalam pembangunan Menara Saidah.

Tetapi entah mengapa baik pihak pemilik maupun Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) menolak untuk memberikan penjelasan hingga akhirnya gedung ini dibiarkan kosong dan tidak terawat sampai sekarang.



Semenjak kosongnya gedung ini, banyak sekali cerita cerita misteri yang berkembang di masyarakat dan tersebar cepat melalui media sosial. Salah satunya yang paling terkenal adalah mengenai adanya sosok kelelawar raksasa yang ada di puncak menara.

Dikatakan bahwa kelelawar tersebut juga terkadang berdiri tepat di atas tulisan “Menara Saidah” dan nampak seperti penjaga dari istana jin di sana. Dalam mitologi barat kuno, makhluk tersebut dikenal dengan nama Gargoyle, yaitu kelelawar setengah manusia yang bisa menyamar menjadi patung dan akan hidup ketika terpapar sinar bulan.

 

Ilustrasi Gargoyle Makhluk Mitologi Barat Kuno

 

Beberapa cerita seram yang tersebar di media sosial juga ada yang membahas mengenai kuntilanak merah bermuka rata, namun beberapa orang lainnya mengatakan bahwa kuntilanak tersebut berwujud seorang wanita tua dan berambut putih. Tapi yang pasti, mereka mengatakan bahwa kuntilanak ini selalu muncul di lantai tiga.

Menurut pengakuan satpam yang sampai sekarang masih bertugas di sana, kuntilanak tersebut memang kerap menunjukan sosoknya. Karena, konon katanya bangunan Menara Saidah berdiri tepat di atas tanah pemakaman.

Satu lagi cerita misteri yang tidak kalah terkenal di Menara Saidah, yaitu mengenai Api dan Obor yang sering terlihat di salah satu lantai tertingginya. Ada seorang saksi yang tinggal di rumah kost tidak jauh dari gedung tersebut, ia menceritakan bahwa waktu itu pada malam hari saat ingin ke luar untuk menggunakan kamar mandi, ia menoleh ke arah Menara Saidah, dan melihat semacam bola api yang berkeliaran di sekitar lantai 20.

Saksi lainnya adalah seorang pekerja yang kala itu sedang bertugas mengurusi jalur tranpsortasi di sepanjang jalan Gatot Subroto. Di sela-sela jam istirahatnya ketika lembur malam itu, ia melihat seperti kobaran api yang biasa ada di ujung obor, dan berjalan menaiki tiap lantai hingga menghilang di puncak menara.

 

Cerita Misteri Tentang Menara Saidah

 

Cerita – cerita seram dan penuh misteri terus berkembang dan terus disebarkan melalui berbagai media hingga banyak orang yang penasaran dengan kebenarannya. Oleh karena itu, mulai banyak kelompok-kelompok yang mulai melakukan penelusuran ke dalam Menara Saidah untuk membuktikan sendiri kebenaran dari semua cerita yang beredar.

Salah satunya yang sempat viral belakangan ini adalah tentang sekelompok remaja yang melakukan rencana penelusuran memasuki Menara Saidah, selain untuk membuktikan semua berita dan cerita yang beredar, mereka juga berencana untuk menempelkan stiker komunitas mereka di puncak gedung.

Namun, ternyata usaha mereka sedikit berhalangan, karena mereka kesulitan untuk mencapai lantai 30 menggunakan tangga darurat dan lift di gedung sudah tidak lagi beroperasi. Tapi untungnya mereka berhasil mendokumentasikan beberapa momen seram yang mereka alami selama di dalam gedung, yaitu suara raungan macan yang terdengar jelas, kemudian mereka juga berhasil menangkap sesosok penampakan berbaju putih.

 

 

Kabar terakhir yang beredar, seharusnya Menara Saidah akan direnovasi dan selesai pada akhir tahun 2015. Namun hingga detik ini terlihat tidak ada perubahan yang signifikan dari gedung megah nan menyeramkan tersebut dan tidak ada yang tau kapan menara tersebut akan beroperasi kembali.

 

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *