Misteri 9 Bintang yang Menghilang

Misteri 9 Bintang yang Menghilang

Berdasarkan penelitian baru yang dilakukan oleh tim astronom internasional dari Amerika Serikat, Swedia, Spanyol, Ukraina, dan India, ada sekelompok bintang yang muncul di langit pada tahun 1950-an yang kemudian menghilang setelah setengah jam kemudian dan tidak pernah terlihat lagi.

Sembilan bintang itu difoto dan begitulah para astronom menyadari bahwa mereka hanya muncul satu kali. Tim membandingkan gambar yang berbeda dari area yang sama di langit untuk mengamati kemunculan dan hilangnya benda langit

Faktanya, puluhan ribu asteroid, supernova, bintang variabel atau flaring, dan variabel Active Galactic Nuclei (AGN) telah terlihat.

Begitu juga dengan bintang-bintang yang menghilang tersebut, foto itu diambil pada 12 April 1950, dari Observatorium Palomar di California. Fakta bahwa ke-9 bintang yang muncul di foto dan menghilang begitu saja setelah setengah jam kemudian tidak dapat dijelaskan oleh para ilmuwan, karena ini adalah yang pertama kalinya terjadi.

Kemana perginya ke-9 bintang itu?

Misteri 9 Bintang yang Menghilang

Alok C. Gupta, seorang ilmuwan dari Aryabhatta Research Institute of Observational Sciences (ARIES) dan yang berpartisipasi dalam penelitian ini, mencatat, “Satu-satunya hal yang dapat kami katakan dengan pasti adalah bahwa gambar-gambar ini mengandung objek seperti bintang yang seharusnya tidak berada di sana. Kami tidak tahu mengapa mereka ada di sana.”

Tim yang dipimpin oleh Dr. Beatriz Villarroel dari Institut Fisika Teoritis Nordik, melangkah lebih jauh dan menggunakan Gran Telescopio Canarias 10,4 m di Kepulauan Canary untuk mengamati area yang sama di langit di mana bintang-bintang muncul secara misterius lebih dari 70 tahun yang lalu.

Mereka sekarang berencana mencari melalui foto-foto dari First Palomar Sky Survey. Namun, mereka harus memeriksa setiap pilihan yang ada, dan karena sembilan bintang itu muncul di pelat fotografi tua, maka kemungkinan ada kontaminasi manusia di sana.

Makalah mereka sebagian mengatakan, “Satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa pelat telah mengalami jenis kontaminasi yang tidak diketahui yang menghasilkan terutama sumber titik dengan berbagai intensitas bersama dengan beberapa mekanisme konsentrasi.” Studi ini diterbitkan dalam Scientific Reports di mana dapat dibaca secara lengkap.

Namun hingga saat ini, misteri sembilan bintang yang menghilang masih terus berlanjut.

There are things known and there are things unknown, and in between are the doors of perception ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
error: Alert: Konten Dilindingi !!