Kasus Kematian Amber Tuccaro Yang Penuh Misteri dan Petunjuk Aneh

Kasus Kematian Amber Tuccaro Yang Penuh Misteri dan Petunjuk Aneh

Amber Tuccaro adalah seorang wanita berusia 20 tahun dari Mikisew Cree First Nation, Alberta, dan tinggal di Fort McMurray, bersama ibu dan putranya yang berusia 14 bulan, Jacob.

Dia adalah ibu yang penuh kasih dan disukai oleh semua orang yang mengenalnya, jadi sangat mengejutkan bahwa dia akan menjadi pusat dari kematian misterius yang belum terpecahkan hingga hari ini.

Kasus ini berawal pada 17 Agustus 2010, Amber dan temannya memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Edmonton bersama putranya, Jacob. Namun Ibu Amber, Vivian, menentang rencana itu, tetapi karena Amber meyakinkan bahwa itu hanya perjalanan semalam yang singkat, sang ibu pun mengalah.

Dalam perjalanan tersebut, mereka memutuskan untuk berhenti di kota Nisku dan bermalam di sana karena penginapan di sana lebih murah. Rencana mereka adalah bermalam di Nisku, dan kemudian pergi ke Edmonton lebih awal keesokan harinya.

Misteri Hilangnya Amber Tuccaro

Mereka check in ke Nisku Place Motel, dan pada titik ini semua orang sangat bersemangat dengan perjalanan yang normal tersebut. Namun malam harinya, Amber tiba-tiba meninggalkan putranya bersama temannya dan meninggalkan hotel untuk pergi ke kota, dan alasannya masih tidak jelas.

Beberapa laporan mengatakan bahwa dia keluar untuk membeli bahan makanan, sementara yang lain mengatakan dia ingin pergi ke Edmonton lebih awal, tetapi apapun masalahnya, dia saat itu meninggalkan Jacob yang dicintainya dan pergi dengan cara menumpang (hitchhiking).

Hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya aneh, karena hitchhiking adalah cara umum bagi orang-orang untuk berkeliling di wilayah itu, jadi temannya juga tidak terlalu memikirkannya. Padahal saat itu dia hanya tidak tahu bahwa itu akan menjadi terakhir kalinya dia atau orang lain melihat Amber hidup-hidup.

Amber Tuccaro
Amber Tuccaro

Hingga keesokan harinya, Amber tidak kembali ke hotel, dan Royal Canadian Mounted Police (RCMP) pun segera diberitahu, dan melakukan pencarian yang tidak menghasilkan apa-apa selain petunjuk bahwa seorang saksi melihatnya masuk ke kendaraan tak dikenal dan menuju ke jalan yang gelap entah ke mana.

Sejak awal sudah terlihat oleh teman dan keluarga Amber bahwa polisi tidak menganggapnya serius. RCMP dengan mudahnya sampai pada kesimpulan bahwa Amber baru saja pergi berpesta di Edmonton dan kemungkinan besar dia akan segera kembali, padahal itu sama sekali bukan gaya atau sifat Amber.

Vivian Tuccaro, ibu Amber, bersikeras bahwa putrinya tidak akan pernah meninggalkan putranya hanya untuk pergi ke pesta, tetapi polisi memberitahu bahwa Amber tidak dapat terdaftar sebagai orang hilang sampai 24 jam berlalu.

Hal ini kemungkinan besar akan menjadi salah satu penentu bagaimana nasib Amber nantinya berakhir, dan masih ada banyak hal-hal lain yang diabaikan oleh pihak berwenang selama seluruh penyelidikan yang salah penanganan ini berlangsung.

24 jam kemudian berlalu tanpa adanya tanda-tanda dari Amber, bahkan polisi diduga melakukan sangat sedikit pencarian dalam kasus ini.

Amber Tuccaro dan Anaknya
Amber Tuccaro dan Anaknya

Kemudian belakangan diketahui, bahwa penyelidik mengeluarkan nama Amber dari daftar orang hilang, satu bulan setelah dia hilang meski dia belum ditemukan. Terlepas dari kenyataan bahwa tidak ada yang melihat atau mendengar kabar darinya, menjadikan apa yang dilakukan pihak berwenang ini sebagai pelanggaran prosedur biasa.

Ibu Amber, yang telah bepergian ke mana-mana dan meluncurkan penyelidikannya sendiri, akan mengatakan tentang masalah ini:

Ketika mereka memberitahu saya bahwa mereka mengeluarkannya dari daftar orang hilang, pertanyaan pertama saya adalah ‘apakah kalian melihatnya?’ Dan mereka berkata ‘tidak’. Dan saya berkata, ‘bagaimana kalian bisa mengeluarkannya begitu saja bahkan ketika kalian belum menemukan atau bahkan melihatnya?’

Saya kemudian butuh satu bulan untuk memasukkannya kembali ke daftar orang hilang. Aku berlari kesana kemari. Mereka mengatakan kepada saya untuk menelepon nomor ini, menelepon nomor itu dan saya kembali berakhir ke Leduc lagi.

Kasus ini menjadi semakin rumit karena ditambah dengan fakta bahwa semua barang milik Amber yang telah dikumpulkan dari motelnya dan yang dapat digunakan sebagai bukti dalam penyelidikan, hancur total ketika dia dikeluarkan dari daftar orang hilang, yang berarti bahwa jika terjadi tindak kejahatan. tidak akan ada bukti yang dapat digunakan di pengadilan.

Baca Juga:  Maricica Irina Cornici, Kasus Eksorsisme Tanacu Berujung Kematian

Sementara itu, pihak berwenang terus mengatakan bahwa Amber hanya melarikan diri, yang membuat keluarganya membuat keluhan resmi tentang kesalahan penanganan kasus yang cacat dan penolakan pihak berwenang untuk menganggapnya cukup serius.

Petunjuk Aneh Kasus Amber Tuccaro

Saat semua itu terjadi, tidak ada petunjuk baru yang masuk, tidak ada jejak, tidak ada apa-apa, seolah-olah Amber memang baru saja menghilang dari muka bumi. Keluarganya yang tersiksa tidak memiliki kabar lebih lanjut, tidak ada kabar terbaru, dan hanya bisa mendekam dalam kesedihan karena tidak tahu apakah Amber masih hidup atau mati.

Hingga dua tahun kemudian, pada 28 Agustus 2012, RCMP akan merilis potongan teka-teki potensial utama yang diketahui sebagai percakapan terakhir milik Amber bersama saudara laki-lakinya, yang juga tidak sengaja merekam suara seorang pria tak dikenal yang diduga sebagai pengemudi yang membawa Amber.

Selama percakapan yang agak mengerikan itu, Amber dapat terdengar berbicara dengan sang pengemudi kendaraan. Amber mengatakan kepada supir “Sebaiknya Anda tidak membawa saya ke mana pun, saya tidak ingin pergi,” di mana suara pria yang tak dikenal itu menjawab bahwa dia akan membawa mereka ke “utara ke 50th Street,” yang diulang kembali oleh Amber, setelah itu panggilan dengan adiknya terputus secara tiba-tiba.

Menjelang akhir panggilan, Amber digambarkan terdengar ketakutan, meski suara laki-laki di sana tampak normal dan tenang. Sebagian dari transkrip resmi klip yang dirilis seperti di bawah ini:

Amber: Di mana kita berada?
Pria Tak Dikenal: Kita baru saja menuju selatan Beaumont. Er- utara Beaumont.
Amber: Kita menuju utara Beaumont. Yo, kemana kita akan pergi?
Pria Tak Dikenal: Ke…
Amber: Tidak, ini adalah…
Pria Tak Dikenal: Jalan Pintas.
Amber : Apakah kau bercanda?
Pria Tak Dikenal: Tidak, saya tidak bercanda.
Amber: Kau sebaiknya tidak membawa… Kau sebaiknya tidak membawaku ke mana pun, aku tidak ingin pergi. aku ingin pergi ke kota, oke?
Pria Tak Dikenal: Itu letaknya di ujung jalan.
Amber : Yo, kita tidak pergi ke kota, kan?
Pria Tak Dikenal: Kita akan kesana
Amber : Tidak, kita tidak kesana
Pria Tak Dikenal: Ya…
Amber: Lalu kemana ini akan pergi?
Pria Tak Dikenal: Ke 50th Street.
Amber: ke 50th street. Apakah kau yakin?
Pria Tak Dikenal: Tentu saja.
Amber: Yo, kemana kita akan pergi?
Pria Tak Dikenal: 50th Street.
Amber: ke 50th street.
Pria Tak Dikenal: 50th Street.
Amber: Ke Timur, kan?
Pria Tak Dikenal: Timur.
Amber: [tidak dapat dimengerti] Lebih dari [tidak dapat dimengerti] Sekarang.
Pria Tak Dikenal: (tidak dimengerti)
Amber: [tidak dapat dimengerti] [Panggilan berakhir tiba-tiba]

Ada beberapa hal janggal dan pertanyaan seputar perilisan rekaman seram ini. Misalnya, mengapa pihak berwenang menunggu begitu lama untuk merilisnya?

Meskipun RCMP mengklaim bahwa tidak lazim bagi mereka untuk merilis materi audio ke publik selama penyelidikan pembunuhan, dalam kasus ini pihak berwenang yang frustasi telah membuat pengecualian dengan harapan seseorang dapat mengenali suara tersebut dan membantu mereka dalam penyelidikan dan memberikan petunjuk yang mungkin saja ada.

Namun, mengapa penundaannya begitu lama? Bukankah lebih berguna untuk segera melepaskannya jika itu adalah tujuan mereka? Detail aneh lainnya adalah bahwa RCMP awalnya menolak untuk mengungkapkan bagaimana mereka memperoleh rekaman atau kepada siapa Amber melakukan panggilan telepon.

Butuh penyelidikan independen oleh CBC News untuk mengungkap bahwa sebenarnya Amber sedang berbicara di telepon dengan saudara laki-lakinya, yang berada di Pusat Penahanan Edmonton pada saat itu, di mana sudah merupakan prosedur umum untuk merekam semua panggilan keluar dari narapidana.

(Ibu) Vivian dan (Adik) Paul Tuccaro Dari Amber
(Ibu) Vivian dan (Adik) Paul Tuccaro Dari Amber

Mengapa pihak berwenang tidak ingin hal itu diketahui? CBC juga menemukan fakta lain bahwa RCMP awalnya hanya merilis audio berdurasi 61 detik, sedangkan seluruh rekaman berdurasi 17 menit. Mengapa mereka hanya mengungkapkan sebagian kecil saja? Apa pun jawabannya, itu adalah detail aneh lainnya yang merangkak dalam kasus ini.

Ketika potongan rekaman audio itu dirilis, tiga wanita yang berbeda maju selama penyelidikan dan mengatakan kepada RCMP bahwa mereka mengenali suara dalam rekaman itu.

Seorang wanita benar-benar yakin dia tahu siapa itu, dia mengatakan, “Saya tahu suara itu. Saya pernah menumpang dengan pemilik suara itu sebelumnya pada beberapa kesempatan. Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa itu adalah suaranya. Aku tahu suara itu seperti punggung tanganku sendiri.”

Meskipun dua wanita lain juga maju dengan mengatakan bahwa mereka tahu pemilik suara tersebut dan mereka semua menunjuk tersangka yang sama, RCMP tampaknya dengan cepat sampai pada kesimpulan bahwa orang yang dimaksud bukanlah orang yang dicari dan tidak berkepentingan dalam kasus Amber sehingga mereka membiarkannya pergi.

Keputusan ini tentunya sangat mengejutkan keluarga Amber, dan selanjutnya tidak diketahui apakah mereka menindaklanjuti salah satu petunjuk atau tersangka lainnya.

Misteri Kematian Amber Tuccaro

Kemudian, pada 1 September 2012, hanya 4 hari setelah rekaman audio misterius itu dirilis, tubuh Amber ditemukan tak bernyawa oleh penunggang kuda di daerah pedesaan di Leduc County, di sekitar tempat dia menghilang.

Penemuan mayat tersebut memberikan urgensi baru pada identitas di balik suara yang berbicara dengan Amber dalam rekaman, namun tidak ada petunjuk baru yang muncul dan pembunuhnya tetap menjadi misteri.

Penemuan tubuh Amber kemudian memunculkan kemungkinan yang meresahkan bahwa ada pembunuh berantai potensial yang berkeliaran dan menargetkan wanita Lokal, kemungkinan yang didukung oleh fakta bahwa ada 15 penghilangan misterius lainnya di daerah tersebut dan kerangka dari 4 wanita lokal ditemukan di tahun 2000-an, di tempat yang sama di mana tubuh Amber ditemukan.

Semua wanita itu menghilang saat hitchhiking dan semua tubuhnya ditemukan dalam jarak beberapa kilometer satu sama lain di Leduc County, dengan yang terbaru adalah kerangka milik Delores Browser pada tahun 2015, yang hilang sejak tahun 2005 tanpa jejak.

Jika ini adalah pembunuh berantai dan dilakukan oleh satu orang, maka kemungkinan besar suara pelakunya adalah yang ada di rekaman terakhir milik Amber.

RCMP Meminta Maaf Kepada Keluarga
RCMP Meminta Maaf Kepada Keluarga

Kemudian, tentang suara dalam rekaman yang berkaitan dengan pembunuh putrinya, penghilangan serta pembunuhan lainnya, ibu Amber mengatakan:

Mungkin pria yang sama yang membunuh wanita lain yang ditemukan di daerah Leduc dan Nisku ini. Dan berapa banyak lagi wanita, anak perempuan yang akan dibunuh sebelum dia tertangkap? 

Sehubungan dengan tuduhan keluarga atas kesalahan penanganan kasus oleh polisi, pada tahun 2018 sebuah tinjauan federal independen menemukan bahwa penyelidikan Leduc RCMP terhadap penghilangan dan pembunuhan Amber tidak memadai.

Laporan tersebut menyatakan bahwa banyak kebijakan, prosedur, dan pedoman RCMP  tidak diikuti dengan benar, petugas telah bertindak tidak kompeten dalam banyak kesempatan, dan penyelidikan memiliki berbagai contoh lain tentang bagaimana semuanya dirusak, termasuk penghancuran bukti, informasi yang tidak akurat yang dirilis ke media, penolakan untuk merilis detail penting ke publik, dan penghapusan cepat Amber Tuccaro dari daftar orang hilang.

Polisi juga membutuhkan waktu terlalu lama untuk mewawancarai ibu Amber dan teman yang terakhir bersamanya, dan semua ini membuat mereka sangat tidak percaya pada RCMP sehingga mereka mulai meragukan apakah sisa-sisa yang ditemukan itu benar-benar milik Amber.

Keraguan tersebut karena identifikasi dilakukan terlalu cepat padahal sisa-sisa yang ditemukan sangat membusuk, selain itu fakta lainnya adalah tambalan gigi yang ditemukan di kerangka itu tidak sesuai dengan catatan gigi Amber yang diketahui.

Hingga, pada tahun 2019 mereka meminta agar jenazah itu digali untuk pengujian DNA dengan mengetahuinya dengan pasti, tetapi permintaan itu masih ditunda hingga sekarang.

Apa yang terjadi pada Amber Tuccaro? Mengapa dia meninggalkan anaknya yang masih kecil untuk pergi menumpang di malam hari dan suara siapa yang ada dalam panggilan telepon terakhirnya?

Mengapa tidak lebih banyak orang yang menyampaikan informasi meskipun rekaman itu sudah beredar luas, dan mengapa tidak ada sedikitpun petunjuk yang muncul meski sudah diinvestigasi dengan benar? dan mengapa penanganan kasus ini sudah salah sejak awal?

There are things known and there are things unknown, and in between are the doors of perception ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
error: Alert: Konten Dilindingi !!