18 Tempat Berhantu dan Paling Angker di Indonesia

18 Tempat Berhantu dan Paling Angker di Indonesia

 Tempat Berhantu dan Paling Angker di Indonesia 

Indonesia merupakan negara yang terkenal sebagai surganya wisata kuliner dan tempat-tempat indah. Namun beberapa wisatawan khususnya dari mancanegara mungkin tidak tau bahwa Indonesia juga memiliki banyak sekali tempat berhantu dan angker yang layak dikunjungi bagi pecinta wisata horor yang ingin beruji nyali.

Tempat Berhantu dan Paling Angker di Jakarta

Walapun Jakarta adalah sebuah ibu kota yang modern, namun masih banyak tempat-tempat berhantu yang dapat memberikan kalian pengalaman beruji nyali yang tak terlupakan.

1. Rumah Pondok Indah

Rumah Pondok Indah

Pondok indah adalah sebuah nama salah satu kawasan perumahan di Jakarta. Sekitar tahun 80-an ada sebuah rumah di Jalan Metro, Jakarta yang dihuni oleh 7 orang asing.

Suatu malam terjadi tragedi perampokan di rumah tersebut dan seluruh penghuninya tewas, termasuk anak-anak dan pembantu rumah tangganya. Sejak saat itu, rumah tersebut menjadi bangunan kosong dan angker.

Banyak warga kemudian melihat penampakan hantu di dalam rumah tersebut. Banyak juga yang mengatakan bahwa tempat tersebut telah menjadi sarang setan.

Karena popularitasnya yang menyeramkan, kisah Rumah Pondok Indah juga sempat syuting beberapa tahun lalu. Tapi sekarang, rumahnya sudah dibongkar.

 

2. Perlintasan Kereta api Bintaro

Perlintasan Kereta api Bintaro 

Pada tanggal 19 Oktober 1987, terjadi kecelakaan kereta api terbesar di Indonesia dan menewaskan ratusan orang sekaligus.

Sampai saat ini, sering terdengar suara-suara teriakan minta tolong dan juga penampakan hantu yang berusaha mencari bagian tubuhnya yang terpisah.

 

3. Terowongan Casablanca

Terowongan Casablanca

Terowongan Casablanca merupakan terowongan yang dibangun di atas tanah yang dulunya adalah kuburan. Oleh karena itu, terowongan ini adalah salah satu tempat paling berhantu di Jakarta. 



Banyak sekali kecelakaan aneh terjadi di sana. Menurut saksi mata, seringkali ada hantu perempuan yang muncul di tengah jalan sehingga mengejutkan para pengemudi dan menyebabkan kecelakaan naas. 

 

4. TPU Jeruk Purut

TPU Jeruk Purut

Pemakaman di kawasan Jeruk Purut, Jakarta Selatan, juga menyimpan cerita seram. Konon, di tempat itu sering terlihat penampakan hantu pendeta tanpa kepala.

Baca Juga:  Rumah Angker

Pendeta yang juga berbadan besar berwarna hitam itu sering terlihat berjalan menghantui di sekitar kuburan dengan seekor anjing sambil memegangi kepalanya.

 

5. Jembatan Ancol

Jembatan Ancol

Salah satu kisah hantu paling legendaris di Jakarta adalah hantu cantik jembatan Ancol. Kisahnya berawal Di sebuah jembatan di wilayah Ancol, Jakarta Utara, kala itu seorang wanita cantik diperkosa dan dibunuh secara brutal di jembatan tersebut. 

Sejak kejadian itu banyak warga sekitar yang melihat penampakan berupa wanita cantik di Jembatan Ancol, bahkan kepopuleran hantu cantik ini sampai diadaptasi menjadi film dan serial tv. 

 

6. Lubang Buaya

Lubang Buaya

Lubang Buaya adalah tempat tewasnya seorang jenderal TNI yang dibunuhs secara keji pada tragedi G30S / PKI. Konon, hingga saat ini sering terdengar suara teriakan dari para korban.

 

7. Rumah Kentang Dharmawangsa

Rumah Kentang Jakarta

Di sebuah rumah di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan sering tercium bau kentang yang menyengat padahal rumah tersebut kosong dan terbengkalai. 

Kisah seramnya berawal dari cerita seorang ibu yang sedang merebus kentang di dalam panci besar. Namun ia lalai dan lengah sehingga anaknya jatuh ke dalam panci tersebut dan tewas bersama puluhan kentang rebus tersebut.



Karena tragedi mengerikan itu, pada malam hari sering tercium bau kentang di sekitar rumah tersebut. Beberapa paranormal yang didatangkan ke sana, mengatakan bahwa bau kentang yang menyengat itu berasal dari Genderuwo yang tinggal di Rumah Kentang Jakarta Selatan tersebut.

Tempat Berhantu dan Paling Angker di Bandung

Bandung tidak hanya menyediakan wisata alam yang fantastis, namun juga terdapat banyak sekali obyek wisata bandung mistis yang bisa kalian kunjungi di seluruh penjuru kotanya. 

8. Kampus ITB

Kampus ITB

Blok universitas yang dibangun sejak penjajahan Belanda ini memang menyimpan banyak cerita misterius. Banyak mahasiswa ITB yang sering melihat penampakan hantu di beberapa lokasi seperti lab mesin, kelas barat, PAU, lapangan, ruang sipil, dan lain-lain.

Hantu-hantu di sana  juga muncul dalam berbagai bentuk, seperti hantu tak berwajah, hantu yang meniru penampilan teman kita, dan lain-lain.

Selain di dalam blok universitas, area di sekitar kampus juga dikenal sebagai tempat yang angker. Salah satunya Jalan Tamansari yang dipenuhi pepohonan dan konon merupakan sarang Kuntilanak. Di sekitar jalan Dayang Sumbi juga sering terlihat penampakan.

 

Baca Juga:  Rumah Kentang Dharmawangsa Penuh Dengan Misteri

9. Rumah Ambulans

Rumah Ambulans

Di sebuah rumah di Jalan Bahureksa terdapat ambulans tua yang dilapisi terpal. Konon ambulans tersebut tidak bisa digerakkan dan mesinnya sering menyala sendiri saat malam hari. 

Konon katanya, mobil ambulans tersebut pernah digunakan untuk membawa jenazah pemilik rumah yang tewas karena sebuah kecelakaan.

Namun ketika ambulans itu di bawa ke rumah sakit, secara mengerikan ambulans itu kembali pulang dengan sendirinya.

10. SMAN 3 dan 5 Bandung

SMAN 3 dan 5 Bandung

Tidak hanya dikenal sebagai SMA terbaik di Bandung, blok sekolah SMAN 3 dan SMAN 5 ini juga terkenal seram dan penuh dengan berbagai misteri.

Konon di sekolah yang didesain dengan gaya belanda itu, sering terlihat penampakan hantu noni belanda. Hantu tersebut sering terlihat di jendela lantai atas saat malam tiba.

 

11. Gua Belanda dan Gua Jepang

Gua Belanda & Jepang

Di Indonesia, banyak sekali gua-gua angker yang menyimpan banyak misteri, seperti yang ada di kawasan hutan raya Ir. Juanda, Dago Pakar ini.

Ada dua gua peninggalan zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Gua itu adalah tempat para tahanan dan pekerja yang tidak patuh ditahan dan disiksa.

Sampai saat ini sering terdengar suara tangis dan kesakitan yang diduga dari arwah arwah di sana. Selain itu, para pengunjung atau wisatawan sangat dilarang mengucapkan kata “lada” karena dianggap dapat menghina makhluk gaib di sana. 

Karena tak jarang untuk mereka yang melanggar biasanya akan kesurupan bahkan ada beberapa yang diikuti hingga pulang ke rumah.

 

12. Jalan Siliwangi

Jalan Siliwangi

Tidak jauh dari universitas ITB yang terletak di Jalan Siliwangi, terdapat sebuah mitos yang melegenda. Konon pada tahun 80-an di jalan raya itu ada seorang anak yang meninggal karena kecelakaan ditabrak mobil.

Konon arwah anak itu sering muncul untuk mencari bonekanya yang hilang saat kecelakaan tragis tersebut.

Tempat Berhantu dan Paling Angker di Indonesia Lainnya

Selain di Jakarta dan Bandung, masih banyak tempat angker dan berhantu lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia yang wajib kamu kunjungi.

13. Lawang Sewu

Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah sebuah bangunan tua yang dibangun sejak tahun 1904. Tempat angker yang terletak di Semarang ini pernah menjadi markas militer pada zaman penjajahan Jepang.

Saat itu, penjara bawah tanah digunakan sebagai tempat penyiksaan dan pembunuhan orang-orang Belanda. Oleh karena itu, sering terlihat penampakan hantu berupa tentara dan wanita Belanda. 

Keangkeran Lawang Sewu bahkan sempat viral beberapa tahun lalu, ketika sebuah acara uji nyali berhasil merekam sosok kuntilanak di depan pintu masuk salah satu penjara bawah tanahnya.

Baca Juga:  Saeki House, Misteri Rumah Hantu di Film Ju-On

 

14. SMA Tugu Malang

SMA Tugu Malang

Sekolah berhantu ini terletak di depan Tugu Malang (patung ikon kota Malang). Konon di tempat itu sering terdengar suara langkah kaki tentara yang sedang berbaris. Selain itu, di lantai sekolah ada bercak kecoklatan seperti darah yang tidak bisa dibersihkan.

Hal-hal aneh yang sering terjadi disana didugan karena tempat tersebut merupakan lokasi warga lokal yang disiksa pada zaman penjajahan Jepang.

 

15. Gunung Merapi

Gunung Merapi Angker

Gunung Merapi adalah salah satu gunung yang paling terkenal di Indonesia dengan puluhan misterinya yang mengerikan.  Gunung yang terletak di perbatasan antara Provinsi Jogjakarta dan Provinsi Jawa Tengah ini konon merupakan kerajaan iblis di Indonesia.

Salah satu lokasi paling populer di sekitar sana adalah Pasar Bubrah (Pasar Bubrah) atau disebut juga oleh penduduk setempat “Pasar Setan”. Konon sering terdengar suara keramaian di lokasi tersebut meski tak ada siapapun. 

Bahkan tak jarang orang yang terjebak di sana, karena mereka tak sadar telah masuk ke alam lain. 

 

16. Kilang Minyak Pertamina Balikpapan

Kilang Minyak Pertamina Balikpapan

Tempat angker tidak selalu ikonik dengan bangunan zaman dulu, karena ada juga bangunan modern yang ternyata sangat berhantu dan menyeramkan. Salah satunya adalah Kilang Minyak Pertamina di kota Balikpapan.

Konon di tempat itu sering terlihat penampakan hantu berupa wanita berambut panjang dan pekerja tanpa kepala. Banyak yang mengatakan jika arwah tersebut adalah arwah yang meninggal saat bekerja di kilang minyak tersebut.

 

17. Pantai Kenjeran Surabaya

Pantai Kenjeran Surabaya

Pantai Kenjeran merupakan salah satu lokasi angker di kota Surabaya. Konon di tikungan dari pantai lama ke wilayah Nambangan itu sering terjadi kecelakaan yang mengakibatkan korban tewas.

Selain itu, kawasan di sekitar pantai juga dikenal sebagai pusat kerajaan siluman ular.

 

18. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor yang lokasinya teduh dan asri juga dipenuhi dengan hal-hal mistis. Salah satu lokasi paling angker di sana adalah area blok Makam Ratu Galuh.

Konon di tempat itu sering terlihat penampakan sang Ratu Galuh yang mengenakan kebaya. Selain itu, sering juga terlihat penampakan dua harimau putih mililk Prabu Siliwangi. 

Dan itulah 18 Tempat Berhantu dan Paling Angker di Indonesia yang wajib dikunjungi bagi kamu yang mengaku pemberani. Jika kamu tau lokasi lain yang tidak kalah seramnya, silahkan komentar di bawah yah. 

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*