Ukuran Hiu Megalodon Yang Ternyata Lebih Besar Dari Perkiraan

Hiu Megalodon Ternyata Lebih Besar Dari Yang Diperkirakan Sebelumnya

Pada bulan September tahun lalu, terungkap bahwa hiu megalodon masif (Otodus megalodon) yang menjelajahi perairan jutaan tahun lalu tumbuh sepanjang 16 meter (52,5 kaki) dan beratnya mencapai 100 ton. Namun, sebuah studi baru telah menghitung bahwa itu sebenarnya jauh lebih besar dari perkiraan sebelumnya.

Hiu Megalodon mendominasi perairan sekitar 20 juta tahun lalu hingga punah sekitar 3,6 juta tahun lalu. Hiu ini dapat memakan hampir semua ikan besar, mulai dari paus, dan bahkan hiu lainnya.

Dr. Victor Perez, yang merupakan Asisten Kurator Paleontologi di Calvert Marine Museum di Maryland, dan rekan-rekannya menghitung bahwa hiu sebenarnya bisa tumbuh hingga 20 meter (65,6 kaki) – lebih dari sepuluh kaki lebih panjang dari perkiraan sebelumnya.

Perez dan dua ahli paleontologi lainnya menganalisis 11 gigi fosil terkait milik lima spesies berbeda untuk memperkirakan ukuran tubuh mereka (dengan menganalisis lebar rahang hiu, ini membantu untuk menentukan panjang tubuhnya).

Rahang Megalodon

Empat spesies sudah punah (Otodus megalodon, Otodus chubutensis, Carcharodon hastalis, dan Carcharodon hubbelli) sedangkan yang lainnya adalah hiu putih besar modern (Carcharodon carcharias). Gigi terbesar milik Megalodon dan berdasarkan analisis gigi, mereka dapat menentukan ukuran tubuhnya yang ternyata luar biasa besar yaitu 20 meter.

Studi ini dipublikasikan di jurnal Palaeontologia Electronica dan dapat dibaca secara lengkap.

Dalam berita Megalodon lainnya, seorang pemburu fosil bernama Matthew Basak menemukan gigi besar di sebuah lokasi konstruksi di Summerville, Carolina Selatan. Dia mulai menggali lapisan tanah di selokan drainase di lokasi konstruksi ketika dia menemukan gigi berukuran besar, tetapi apa yang tersembunyi di bawahnya bahkan lebih mengejutkan.

Beberapa inci di bawah gigi yang pertama ada gigi raksasa milik Megalodon. Gigi itu berukuran 6,45 inci dan beratnya 3 pon (1,4 kilogram).

Gigi Megalodon Yang Ditemukan

Gigi megalodon dapat ditemukan di bawah tanah di sepanjang dataran pantai Carolina Selatan serta di dasar beberapa aliran dan sungai tempat fosil purba lainnya telah ditemukan sebelumnya. Faktanya, banyak fosil yang berasal dari Zaman Es terakhir dan bahkan puluhan juta tahun sebelumnya telah ditemukan di wilayah Charleston.

Menariknya, sejumlah besar gigi Megalodon telah ditemukan dan alasannya karena mereka menumbuhkan puluhan ribu gigi selama masa hidupnya sehingga ada banyak gigi yang menunggu untuk ditemukan.

Fakta lainnya adalah berdasarkan pola makan mereka, mereka bisa kehilangan satu set gigi setiap satu atau dua minggu, yang mengakibatkan 40.000 gigi tercabut selama hidup mereka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*