Misteri Menghilangnya Jim Sullivan Pencipta U.F.O

Sebuah fakta menyedihkan yang sering kita temui, terutama di situs ini, adalah fakta bahwa ada orang-orang yang menghilang secara misterius, meninggalkan beragam petunjuk aneh, dan biasanya tak pernah kembali. Ironisnya, banyak dari mereka yang tak dikenal oleh banyak orang sebelum mereka menghilang.

Namun yang akan kita bahas kali ini adalah salah satu kasus penghilangan besar karena korbannya adalah seorang musisi pemula yang jenius dengan berbagai karya yang telah dia ciptakan selama hidupnya.

Tetapi, ini bukan kasus orang hilang biasa, kasus ini akan menjadi semakin aneh karena sebelum dia menghilang, dia sempat merekam album musik bertema Alien dan UFO, sehingga memunculkan banyak teori-teori liar tentang apa yang sebenarnya terjadi padanya.

Siapakah Jim Sullivan?

Jim Sullivan adalah seorang rocker folk yang muncul pada tahun 1960-an di Los Angeles, California, memulai karirnya dengan sebuah band, bernama The Survivors dan bekerja di kancah klub, hingga akhirnya dia berhasil membuat dirinya sendiri semakin terkenal sebagai bagian dari klub Malibu populer bernama The Raft.

Jim Sullivan di The Raft
Jim Sullivan di The Raft

Di sinilah dia akan menjadi selebriti lokal dan bersinggungan dengan beberapa petinggi Hollywood pada saat itu, termasuk bintang besar seperti Lee Majors, Lee Marvin, dan Harry Dean Stanton, dan dia bahkan memiliki peran kecil dalam film kultus klasik berjudul Easy Rider.

Jim sepertinya ditakdirkan untuk kepopuleran, karena pada tahun 1969 dia mampu mengumpulkan dana untuk album seminal 1969-nya, yang bertajuk UFO, yang memiliki bakat dan dukungan dari musisi sesi The Wrecking Crew, yang pernah bermain dengan band-band seperti Beach Boys dan Simon & Garfunkel pada beberapa hits terbesar mereka.

Namun, setelah melewati semua keberuntungannya, rekaman Jim mulai kesulitan untuk menemukan label besar, sehingga hanya dirilis oleh label kecil bernama Monnie Records, yang telah dibuat bersama oleh teman Jim, Al Dobbs.

Jim Sullivan Pencipta Album U.F.O

Pada saat itu, albumnya dirilis dengan sedikit heboh, dengan nama U.F.O, serta gaya uniknya yang memadukan folk, rock, dan country, yang akan memperoleh status kultus di tahun-tahun berikutnya dan menjadi album klasik.

Sayangnya, Pada saat perilisannya, album itu sempat tidak laku di pasaran dan Jim tidak dapat menerima fakta tersebut dengan baik hingga mengalami depresi, tetapi pada saat itu ia masih terus tampil di klub dan bahkan merekam album kedua dengan Judul yang sama dengan namanya, Jim Sullivan.

Album keduanya itu akan dirilis oleh label milik Hugh Hefner, “Playboy Records” yang ternyata berumur pendek, naasnya album itu juga hanya mendapatkan sedikit antusiasme saat dirilis.

Misteri Menghilangnya Jim Sullivan

Di sinilah titik terendah Jim, dimana dia tidak pernah bisa bangkit dari kegagalan, memulai karir sebagai musisi dan berakhir menjadi pecandu alkohol, Jim juga semakin paranoid dan menganggap orang-orang ingin menghancurkan gaya khasnya, sementara pernikahannya yang juga secara bertahap … hancur.

Pada tahun 1975, Sullivan yang semakin kecewa dengan hidupnya memutuskan pergi ke Nashville, Tennessee untuk memulai awal yang baru dan mencoba menyuntikkan kembali nilai kehidupan ke dalam karirnya yang berantakan.

Dia mengemas semua keperluan ke dalam mobil Volkswagen Beetle-nya pada tanggal 4 Maret 1975 dan berangkat, meninggalkan istrinya Carol serta putranya Chris. Jim berjanji akan membawa mereka ketika dia berhasil menemukan pagelaran musik yang bagus dan mengembalikan jalur karirnya seperti dulu.

Namun, janji itu takkan pernah dia tepati, karena Jim tidak akan pernah tiba di tujuannya, dan dia menghilang seolah tak pernah ada di muka bumi ini.

Misteri Menghilangnya Jim Sullivan

Diketahui bahwa Jim berhasil sampai ke New Mexico, di mana dia tiba keesokan harinya, tetapi setelah itu keadaan dan keberadaanya mulai samar. .

Saat itu diketahui bahwa dia dihentikan oleh seorang petugas patroli jalan raya karena melakukan manuver berbahaya di jalan saat mengemudi. Dia terlihat mengantuk dan kelelahan karena perjalanannya, setelah itu dia diketahui melakukan check-in ke La Mesa Motel di Santa Rosa, New Mexico.

Namun setelah diselidiki lebih lanjut, ditemukan bahwa tempat tidur di kamar yang Jim sewa tidak pernah ditiduri dan kuncinya ditinggalkan di sana.

Jim Sullivan

Hari berikutnya dia diduga terlihat berkeliaran tanpa tujuan di sebuah peternakan sekitar 26 mil jauhnya. Ini adalah penampakan Jim yang terakhir terlihat, dan mobilnya akan ditemukan di peternakan yang sama, terkunci, ditinggalkan, dan berisi dompet, uang, gitar, pakaian, serta sekotak rekamannya yang tidak terjual.

Akan ada banyak penggeledahan intensif di daerah itu, dan polisi bahkan akan menemukan mayat di gurun hanya beberapa mil dari kendaraan miliknya, tapi ternyata itu bukanlah Jim Sullivan.

Meskipun banyak pencarian yang dilakukan, tetap tidak ada tanda-tanda keberadaan Jim, seolah-olah dia baru saja menguap ke udara, meninggalkan segala macam teori termasuk bahwa dia melarikan diri, tersesat di padang pasir, atau bahwa telah dibunuh.

Putra Sullivan, Chris Sullivan, di tahun-tahun berikutnya akan mengatakan semuanya:

Saya pikir dia bertemu dengan seseorang yang “salah” di luar sana dan mungkin telah dibunuh atau dikubur. Dia dihentikan oleh polisi di luar sana, dan penegak hukum memiliki cara untuk membuat orang menghilang. Aneh, tentu saja, bahwa semua barang-barangnya tertinggal.

Jika Anda dibunuh atau dibuang, apakah seseorang tidak akan menyingkirkan semua bukti? Mungkin dia sedang berjalan-jalan? Mungkin kerja kerasanya di industru yang sangat dia cintai … dan gagal (karena tidak ada kata yang lebih baik) telah menghancurkannya.

Mungkin saya juga memiliki mistisisme, yang diliputi oleh pragmatisme yang menguasai saya. Mungkin dia baru saja berjalan ke padang pasir. Misteri dari semua itu hanya mengganggu … jalan panjang untuk mengatakan bahwa saya tidak tahu. Setelah semua fakta itu, maka tidak, kami sama sekali tidak mendengar apapun tentang apa yang terjadi pada ayah saya.

Keluarga kami ada di luar sana untuk sementara waktu — mereka adalah bulldog— yang bahkan mencoba membuat orang mengaku, tetapi tidak ada yang berhasil. Aku sudah lama memikirkan semua ini.

Dan tentu saja, album pertamanya yang berjudul U.F.O, yang berisikan lagu tentang pertemuan alien akan membuat banyak orang mulai berspekulasi bahwa dia mungkin benar-benar telah diculik oleh UFO yang sebenarnya.

Insiden Roswell

Ada banyak diskusi dan perdebatan bahwa Jim dibawa pergi oleh alien, sebagian besar karena kebetulan dia membuat album itu dan fakta bahwa dia hilang tidak jauh dari lokasi kecelakaan UFO yang terkenal di Roswell, New Mexico.

Jeff Terich, dari Treble Magazine, mengatakan tentang teori konspirasi yang agak aneh ini:

Album U.F.O. adalah alasan mengapa teori penculikan tetap ada, dan saya mengerti mengapa begitu. Ini adalah kebetulan yang lucu bahwa enam tahun sebelum dia menghilang, Sullivan merilis lagu tentang pengunjung luar angkasa.

Dan dia kebetulan hilang di New Mexico, negara bagian di mana insiden Roswell yang terkenal terjadi pada tahun 1947, memicu kecurigaan selama beberapa generasi atas penutupan pemerintah dan hanggar pesawat yang penuh dengan piring terbang.

Itu dikatakan, Album “U.F.O.” ini adalah lagu rakyat pedesaan psikedelik yang hangat dan lucu tentang visi iman. Dalam mendengarkan “U.F.O.”, mudah untuk mendengar mengapa ini adalah teori yang menarik tentang apa yang terjadi pada Jim Sullivan.

Bukan karena kemungkinannya — saya ragu siapa pun bisa sampai pada kesimpulan itu dengan mudah— tetapi karena lagu-lagunya memberikan semacam kenyamanan. Dalam album “U.F.O.”, dia terpesona dengan apa yang dia lihat, itu adalah getaran yang menyenangkan, seperti mungkin alien itu baik.

Kebenaran tentang Sullivan mungkin tidak terlalu aneh tapi jauh lebih menyedihkan. Dia mungkin mati sendirian di tengah gurun, dan itu adalah sesuatu yang kebanyakan dari kita mungkin tidak ingin mengerti.

Mengingat keadaannya, saya mungkin lebih suka menjadi subjek legenda urban juga. Dan ketika saya memikirkan Sullivan melihat ke arah langit pada pemandangan yang luar biasa di hadapannya, saya tidak bisa menahan senyum memikirkannya dalam beberapa perjalanan antarbintang di luar pemahaman kita.

Apa pun masalahnya, menghilangnya Jim Sullivan secara aneh telah menjadi salah satu misteri musik terbesar yang belum terpecahkan, mengancam untuk menutupi musik dan visi sebenarnya dari pria itu sendiri.

Meskipun album Sullivan di tahun-tahun berikutnya menjadi album klasik yang populer, hal ini akan sering dibayangi oleh kengerian hilangnyanya sang musisi yang penuh misteri.

Jim Sullivan Album UFO

Matt Sullivan (tidak memiliki hubungan), pendiri Light in the Attic Records, yang menerbitkan ulang album serta koleksi demo Jim Sullivan yang belum pernah dirilis sebelumnya, mengatakan:

Ketika Anda menemukan cerita seperti Jim, Anda mulai mendengar musiknya secara berbeda. Tampaknya mustahil untuk tidak mendengar liriknya sebagai prediksi,.bahwa dia akan menemui akhir yang misterius. Saya harap orang-orang mengingatnya karena dia membuat sebuah mahakarya.

Suaranya memiliki jenis Americana yang menenangkan. Jenis elemen country-dicampur-dengan-rock. Dari sana, produksi, senarnya: sangat atraktif, tapi gelap dan menakutkan. Saya agak melihatnya sebagai lagu pop yang tidak bahagia.

Mereka dipenuhi dengan keputusasaan. Dengan atau tanpa kepergiannya, ada sesuatu dalam lirik itu yang sangat misterius dan menakutkan. Satu hal yang ditunjukkan oleh salah satu teman Jim adalah bahwa gitarnya tertinggal di dalam mobil.

Jika Jim akan menghilang, seharusnya itu adalah satu-satunya hal yang akan dia bawa– karena dimana pun dia berada di dunia, dia selalu bisa berdiri di sudut jalan dan menghasilkan beberapa dolar dengan bermain gitarnya.

Apa yang terjadi dengan musisi bintang yang menjanjikan ini? Kemana dia pergi? Apakah ini tindakan kejahatan. kecelakaan malang, atau sesuatu yang lebih aneh? Yang kita tahu pasti adalah bahwa orang ini pergi ke gurun untuk alasan yang tidak diketahui dan menghilang dari muka bumi, meninggalkan pertanyaan tanpa jawaban.

Warisannya hidup, tetapi apa yang terjadi padanya kemungkinan akan selamanya menjadi misteri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*