Kematian Tragis Daredevil Samuel Gilbert Scott

Kematian Tragis Samuel Gilbert Scott

Samuel Gilbert Scott atau Sam Scott adalah seorang pemberani dari Amerika yang terbunuh saat melakukan aksi di Jembatan Waterloo yang sangat terkenal di London, Inggris. Dan insiden tersebut telah menjadi salah satu kecelakaan tragis yang pernah terjadi sepanjang sejarah kelam Jembatan Waterloo.

Scott lahir di Philadelphia, Pennsylvania, dan bertugas di Angkatan Laut Amerika Serikat, di mana ia menjadi terkenal karena terjun dari tiang kapal Angkatan Laut. Setelah meninggalkan Angkatan Laut ia menjadi stuntman profesional, memberikan kontribusi besar setelah penampilannya.

Scott melakukan aksi di Boston, Massachusetts, Philadelphia dan di Sungai St. Lawrence. Dia menyelam dari jurang dekat Air Terjun Niagara, dilaporkan di surat kabar sebagai lompatan setinggi 593 kaki, padahal sejarawan menganggap angka ini mustahil.

Scott juga bekerja sebagai bartender di Rochester, New York, tempat Sam Patch “The Jersey Jumper” melompat langsung ke kematiannya di High Falls pada tahun 1829.

Pada tahun 1837, Scott melakukan perjalanan ke Inggris untuk melanjutkan karirnya sebagai Daredevil. Dia terjun dari ketinggian 100 kaki di Manchester, 167 kaki di Liverpool, dan melompat dari tiang penyangga setinggi 140 kaki di Chain Pier, Brighton. Bahkan di kapal perang St. Joseph, yang ditambatkan di Devonport, dia melompat dari tiang setinggi 200 kaki.

Sam Scott Sang Penyelam Amerika

Di Cornwall, Scott diduga melompat dari tebing setinggi 240 kaki ke dalam air setinggi delapan kaki; pencapaian ini bahkan melebihi rekor penyelaman tinggi dunia saat itu, dan juga dianggap sangat tidak mungkin untuk dilakukan.

Pertunjukannya di Inggris berlanjut pada tahun 1838, termasuk lompatan setinggi 60 kaki dari puncak barque ke dermaga di Gloucester pada awal Oktober, dan lompatan yang dijanjikan dari perancah setinggi 100 kaki ke kolam di Pittville Hotel di Cheltenham.

Namun seakan diberikan peringatan, Scott pernah hampir tewas dalam sebuah kecelakaan ketika dia tampil di kapal Amerika di Deptford. Scott sering melakukan aksi berayun dengan tali di kaki dan lehernya sebelum melompat. Dan ketika dia melakukannya di Deptford, tali itu secara tidak sengaja tergelincir di lehernya dan hampir mencekiknya.

Untungnya, Scott diselamatkan oleh reflek cepat seorang pelaut di sana, yang langsung memegangi kakinya dan mendorongnya ke atas, memungkinkan Scott untuk melonggarkan tali yang hampir mengambil nyawanya.

Setelah kejadian itu, di depan banyak orang, Scott mengatakan “The hemp that is to hang me is not grown yet!” Rami (Tanaman Ganja) yang akan menggantungku belum tumbuh!

Kematian Samuel Gilbert Scott yang Mengerikan

Pada 11 Januari 1841, Scott berencana untuk berlari dari White Lion Pub di Drury Lane ke Jembatan Waterloo, melompat dari perancah di jembatan ke sungai, dan kembali ke pub antara jam 1:00 – 2:00 siang.

Setibanya di jembatan, Scott mulai berayun dari jerat yang terpasang pada perancah, Dan sekali lagi tali itu terlepas dan menjerat leher Scott. Seperti yang sudah terjadi di Deptford, tetapi kali ini, sayangnya penonton keliru mengira bahwa itu adalah bagian dari tindakan aksi Scott, sehingga tak ada yang mengambil tindakan untuk membantunya.

Hingga akhirnya, seorang pria di antara kerumunan itu bersikeras agar Scott diturunkan, tetapi semuanya sudah terlambat. Menurut selebaran kontemporer, Scott “segera dibawa ke Rumah Sakit Charing Cross, dimana setiap pertolongan yang ada diberikan kepadanya, namun sayangnya tidak berpengaruh, karena kehidupannya sudah tiada.

Kematian Samuel Gilbert Scott Yang Mengerikan

Ada laporan yang bertentangan tentang status pernikahan Scott, tetapi dia pernah menikah setidaknya sekali. Ini terjadi di Falmouth, Cornwall, pada bulan Desember 1839, dengan Nona Mary Ann Cozier dari Penryn.

Menurut The Times of London, Scott tinggal bersama istrinya di Deptford pada saat hari kematiannya. Istrinya biasanya menemaninya ke pertunjukan, tetapi tidak dapat hadir pada saat kecelakaan fatal itu terjadi.

Thomas Carlyle menyebutkan kematian Scott dalam sebuah surat kepada saudaranya Alexander Carlyle, yang ditulis pada tanggal 15 Januari 1841. Carlyle mengatakan:

Manusia malang yang luar biasa melompat dari tiang tinggi, jembatan, dan menyelam serta melakukan prestasi menakjubkan semacam itu, binasa dengan cara yang mengejutkan (seperti yang akan kamu lihat di koran) di sini, minggu ini. Salah satu trik aksi nya adalah bergantung dan berayun, lalu jeratnya licin; dia ditemukan digantung dengan sungguh-sungguh!

Ketika saya memikirkan massa yang melihatnya, hewan-hewan yang brutal, dan ‘tuan-tuan’ yang bahkan lebih brutal, Komite Jembatan yang mendukung adegan seperti itu, —beberapa hal yang pernah saya dengar tampaknya lebih menjijikkan.

Kasus ini selanjutnya disebutkan dalam Alfred Swaine Taylor’s Manual of Medical Jurisprudence, 6th American edition (Philadelphia 1866), hal. 339, namun dengan tahun yang salah:

Kematian Scott, seorang penyelam dan Daredevil Amerika, pada bulan Januari 1840, menunjukkan betapa mudahnya asfiksia disebabkan oleh sedikit kompresi pada tenggorokan, bahkan ketika seseorang mungkin diharapkan memiliki pengetahuan dan kekuatan untuk menyelamatkannya.

Tidak ada upaya yang dilakukan untuk menyelamatkannya sampai semuanya terlambat, dan dia tidak dibawa ke rumah sakit sampai tiga puluh tiga menit setelah kejadian itu berlalu. Ia dibiarkan tergantung selama tiga belas menit, karena para penonton berpikir bahwa dia sedang memperpanjang aksi untuk kepuasan mereka!

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*