10 Fenomena Yang Tak Dapat Dijelaskan Bahkan Oleh Sains

10 Fenomena Yang Tak Dapat Dijelaskan Bahkan Oleh Sains

Sains itu menakjubkan, tetapi masih ada banyak fenomena yang tidak bisa dijelaskan olehnya. Dan ketika orang melihat, mendengar atau percaya sesuatu yang tidak dapat dijelaskan, Sains akan mencoba untuk membuktikan bawah sesuatu tidak ada, atau itu benar-benar mustahil.



Berikut ini kamu akan melihat beberapa fenomena yang umum dialami oleh banyak orang namun masih tak dapat dijelaskan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.

10 Fenomena Yang Tak Dapat Dijelaskan Bahkan Oleh Sains

Mulai dari hantu hingga sesosok makhluk yang mirip dengan manusia. Dari pengalaman luar biasa di garis antara hidup dan mati hingga kemampuan pikiran yang menakjubkan namun tak dapat dijelaskan oleh siapapun. Apakah semua itu nyata? Hanya dirimu yang dapat memutuskan.

1. Dengungan Taos

Fenomena Dengunan Taos

Beberapa penduduk dan pengunjung di kota kecil Taos, New Mexico, selama bertahun-tahun merasa jengkel dan bingung oleh dengungan frekuensi rendah yang misterius dan terdengar samar di udara gurun.

Anehnya, hanya sekitar 2 persen warga Taos yang melaporkan mendengar suara tersebut. Beberapa percaya itu disebabkan oleh akustik yang tidak biasa, sedangkan yang lainnya mencurigai histeria massal atau sesuatu yang lebih mengerikan.

Baik dideskripsikan sebagai dengungan psikologis, alami, atau supernatural. Sampai sekarang masih belum ada yang dapat menemukan asal suara tersebut.

Masalah lainnya adalah, sebuah survei mengungkapkan bahwa mereka yang mengaku mendengar suara tersebut sebenarnya juga mendengar banyak suara yang berbeda. Jadi fenomena ini bisa menjadi pengalaman yang subjektif, dan tidak menunjuk pada objek tertentu.

2. BigFoot

Fenomena BigFoot

Selama beberapa dekade, binatang besar, berbulu, dan mirip manusia yang disebut Bigfoot ini kadang-kadang dilaporkan terlihat oleh saksi mata di seluruh Amerika. Terlepas dari ribuan Bigfoot yang harusnya ada untuk populasi perkembangbiakan tersebut, hingga hari ini tidak ada satu pun tubuh fisik mereka yang ditemukan.

Baca Juga:  Kasus Aneh dan Misterius Hilangnya Ronald Henry Tammen, Jr

Tidak ada yang terbunuh oleh pemburu, mati tertabrak mobil yang melaju kencang, atau bahkan meninggal karena sebab alamiah. Dengan tidak adanya bukti kuat lainnya seperti gigi atau tulang, kepercayaan akan fenomena ini mulai menurun menjadi rekayasa foto atau film.



Namun karena tidak mungkin untuk membuktikan sesuatu yang “Tidak Ada”, Sains pun tidak dapat berbuat banyak akan hal ini. Mereka tidak dapat membuktikan bahwa monster seperti Bigfoot atau Loch Ness itu memang tidak ada.

Karena teori tersebut tentu saja dapat dibantahkan dengan mudah oleh tanggapan bahwa makhluk misterius ini mungkin saja pandai bersembunyi.

 

3. Intuisi

Intuisi

Intuisi, firasat, atau lebih jauh lagi kita sebut Indra Keenam, kita semua pasti pernah mengalami hal tersebut meskipun dari hal terkecil sekalipun.

Terkadang intuisi atau firasat kita memang salah, tapi tak jarang juga benar. Psikolog mencatat bahwa seseorang biasanya tidak sadar mengambil informasi tentang dunia di sekitarnya, dan menuntunnya untuk merasakan atau mengetahui informasi tanpa mengetahui dengan tepat bagaimana kita mengetahui informasi tersebut. (Awas Bingung ya :D)

Olah karena itu, hingga detik ini intuisi sangat sulit untuk dipelajari apalagi dibuktikan.

 

4. Kasus Hilang Misterius

Kasus Hilang Misterius

Banyak orang yang hilang karena berbagai alasan. Sebagian besar karena melarikan diri, beberapa meninggal karena kecelakaan, beberapa diculik atau dibunuh, tetapi sebagian besar pada akhirnya akan ditemukan.

Namun tidak demikian halnya dengan kasus hilang misterius yang dialami oleh beberapa orang yang tidak beruntung. Dari kru Marie Celeste hingga Jimmy Hoffa, Amelia Earhart, dan Natalee Holloway, masih banyak lagi orang-orang yang menghilang tanpa meninggalkan jejak sedikitpun.

Orang-orang hilang ini tidak memiliki banyak bukti atau petunjuk atas kehilangan mereka,  yang membuat polisi dan tim forensik tidak tau harus kemana untuk mencarinya, sehingga banyak kasus dari mereka yang akhirnya tetap menjadi misteri hingga detik ini.

 

5. Hantu

Fenomena Hantu

Dari drama Shakespeare “MacBeth” hingga pertunjukan NBC “Medium”, roh orang mati telah lama muncul dalam budaya dan cerita rakyat. Banyak orang melaporkan melihat penampakan bayangan orang asing atau orang dicintai yang telah meninggal.

Baca Juga:  Mary Celeste, Misteri Kapal Yang Kehilangan Penumpangnya



Meskipun bukti pasti keberadaan hantu masih sulit dipahami, banyak saksi mata yang terus melaporkan melihat, memotret, dan bahkan berkomunikasi dengan hantu. Penyelidik hantu berharap suatu hari bisa membuktikan bahwa orang mati dapat menghubungi yang hidup, memberikan jawaban akhir untuk fenomena yang bahkan tak bisa dijelaskan oleh Sains ini.

 

6. Deja Vu

Fenomena Deja Vu

Deja vu adalah frasa bahasa Prancis yang berarti ‘sudah terlihat’, mengacu pada perasaan berbeda, membingungkan, dan misterius karena pernah mengalami serangkaian keadaan tertentu sebelumnya.

Misalnya, seorang wanita masuk ke sebuah gedung di negara asing yang belum pernah dia kunjungi, dan merasakan bahwa interior gedung tersebut sangat familiar seolah-olah ia pernah berada di sana sebelumnya.

Beberapa mengaitkan deja vu dengan pengalaman psikis atau pandangan sekilas tentang kehidupan sebelumnya. Seperti halnya intuisi, penelitian tentang psikologi manusia mungkin dapat memberikan beberapa penjelasan yang lebih naturalistik, tetapi pada akhirnya penyebab dan sifat fenomena itu sendiri tetap menjadi misteri.

 

7. UFO

Fenomena UFO

Tidak diragukan lagi bahwa UFO (Objek Terbang Tidak Teridentifikasi) ada, banyak orang melihat hal-hal di langit yang tidak dapat mereka identifikasi, mulai dari pesawat terbang hingga meteor.

Apakah mungkin salah satu dari benda dan cahaya itu adalah pesawat luar angkasa asing yang datang atau melewati bumi? Mengingat jarak dan upaya tak terbatas yang terlibat untuk mencapai Bumi dari seluruh alam semesta, kemungkinan skenario seperti itu nampaknya mustahil.

Namun, meskipun banyak penyelidikan yang berusaha mengungkapkan penyebab untuk sebagian besar laporang penampakan UFO yang ada, tetap saja beberapa insiden dan fenomena ini masih tidak dapat dijelaskan.

 

8. Pengalaman Mendekati Kematian dan Kehidupan Setelah Kematian

Pengalaman Hampir Mati

Orang-orang yang dulunya hampir mati terkadang melaporkan berbagai pengalaman mistis yang mungkin akan memberikan gambaran bagimana keadaaan setelah kematian. Namun, siapa yang dapat membuktikan pengalaman tersebut benar-benar terjadi? Bagimana cara membuktikan dan menverifikasi informasi “setelah kematian” tersebut?

Baca Juga:  Misteri Baldoon dan Penyihir Jahat dari Kanada

Orang-orang yang skeptis biasanya akan berteori bahwa pengalaman tersebut dapat dijelaskan sebagai halusinasi alami yang dibuar oleh otak karena mengalami trauma.

Sebuah studi tentang orang-orang yang mengalami serangan jantung pada tahun 2015 menemukan bahwa ketika jantung sedang dalam keadaan sekarat, otak akan terus memberi sinyal dan mencoba untuk tetap aktif.

Dan perebutan sinyal inilah yang mungkin bertanggung jawab atas pengalaman mendekati kematian, menurut para peneliti.

 

9. Kekuatan psikis dan ESP

Kekuatan Psikis atau ESP

Benjamin Radford pernah benar-benar melihat masa depan, Dia memprediksi bahwa prediksi untuk 2009 tidak akan lebih akurat dari pada 2008.

Kekuatan psikis dan persepsi ekstra-inderawi (ESP) berada di antara sepuluh fenomena teratas yang tidak dapat dijelaskan bahkan oleh sains. Banyak orang percaya bahwa intuisi adalah bentuk kekuatan psikis, dan cara untuk mengakses pengetahuan misterius atau khusus tentang dunia dan masa depan.

Para peneliti telah menguji orang-orang yang mengaku memiliki kekuatan psikis, namun hasilnya di bawah kondisi ilmiah yang terkesan negatif atau ambigu. Beberapa orang berpendapat bahwa kekuatan psikis tidak dapat diuji, atau karena alasan tertentu kemampuannya berkurang di hadapan para skeptis atau ilmuwan.

Jika itu benar, maka sampai kapanpun sains tidak akan pernah bisa membuktikan atau menyangkal keberadaan kekuatan psikis itu sendiri.

 

10. Koneksi Tubuh / Pikiran

Koneksi Tubuh dan Pikiran

Ilmu kedokteran baru mulai memahami cara-cara di mana pikiran mempengaruhi tubuh. Efek plasebo, misalnya, menunjukkan bahwa orang kadang-kadang dapat meredakan gejala medis atau penderitaan dengan percaya bahwa pengobatan itu efektif.

Fakta itu membuktikan bahwa sebenarnya kemampuan pemulihan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri jauh lebih menakjubkan daripada yang dapat diciptakan oleh pengobatan modern.

Ini memang fakta, namun Sains masih belum dapat menjelaskan bagaimana keseluruha proses tersebut dapat terjadi. Namun yang sekarang kita ketahui adalah bahwa ilmu tubuh dan pikiran ini mungkin termasuk di antara fenomena nyata yang paling menakjubkan dari semuanya.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*