Hotel P.I Bedugul, The Ghost Palace Bali

The Ghost Palace, Hotel Penuh Misteri di Bedugul, Bali

Pulau Bali, tidak hanya memiliki pesona alam dengan puluhan wisatanya yang terkenal hingga ke tahap internasional. Pulau ini memang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, ditambah dengan berbagai tempat yang akan memanjakan mata kalian dengan pemandangan sunset disetiap petang-nya.

Tidak salah jika Bali disebut sebagai pulau Dewata, karena memang masih kentalnya budaya Hindu di pulau ini. Ketika kalian berkunjung ke Bali, kalian akan melihat banyak sesaji-sesaji di depan rumah warga ataupun di tempat-tempat tertentu yang dianggap kramat oleh masyarakat sekitar. Sesaji ini dipersembahkan untuk Dewata penjaga di berbagai penjuru pulau Bali.

Namun, dibalik segala keindahan dari pesona alam yang disajikan serta berbagai tradisi uniknya, Bali tetap menyimpan begitu banyak misteri yang sangat seru untuk kita bahas. Salah satunya yang terkenal adalah kisah mengenai The Ghost Palace.

Pintu Gerbang The Ghost Palace

Kisah ini bermula sekitar bulan Desember tahun 2015 lalu. Seorang Traveler bernama Jacob Laukaitis menguggah video hasil rekamanya di hotel terlantar ini dan membuat Bali gempar dengan unggahannya. kalian bisa melihat videonya disini: Massive Abandoned Hotel in Bali | Ghost Palace Hotel, Indonesia

Dalam video tersebut, Jacob mengaku bawa ia tak sengaja menemukan sebuah bangunan megah yang tak berpenghuni di daerah Bedugul, Bali. Dalam videonya tersebut, tampak sebuah bangunan mewah yang sangat megah layaknya hotel berbintang lima dengan arsitektur orientalnya dan sebuah patung ular di tengah hotel.

Belakangan ini diketahui bahwa bangunan yang ditemukan oleh Jacob, adalah “Bedugul Taman Rekreasi Hotel & Resorts” atau “P.I. Bedugul Taman Hotel Restoran”. Berlokasi di sekitar 50 KM sebelah utara Kuta. Bagunan yang megah namun diselimuti hawa mistis ini sama sekali tidak berpenghuni dan bahkan tidak diketahui siapa pemiliknya hingga saat ini. Jadi wajar saja jika masyarakat bali menyebut tempat ini “The Ghost Palace”.

Halaman Depan The Ghost Palace

Tempat ini dipercaya sebagai istana dari berbagai makhluk yang ada di pulau Bali. Banyak kisah dari warga sekitar yang muncul setelah viralnya video yang di unggah oleh Jacob. Ada kisah yang menceritakan bahwa pernah ada seorang perawat yang meninggal di sana karena kondisi kerja yang tak layak. Arwahnya kemudian gentayangan dan menjadi penunggu di hotel tersebut.

Ada juga cerita yang sangat terkenal mengenai sejarah hotel ini. Ada kabar yang mengatakan bahwa sekitar tahun 1990-an hotel ini dibangun sebagai proyek investasi dari Tommy Soeharto. –Putra bungsu mantan presiden Indonesia ke-2, Soeharto.

Namun sayangnya pembangunan ini terhenti ketika Tommy di penjara pada tahun 2002 setelah dinyatakan bersalah karena kasus pembunuhan seorang hakim Mahkamah Agung. Ia diduga membunuh hakim tersebut karena mengetahui tindakan korupsi yang dilakukan Tommy. Sejak saat itu pembangunan Hotel P.I Bedugul terhenti.

Interior The Ghost Palace

Beberapa orang yang mengunjungi tempat tersebut juga pernah bertemu dengan sesosok hantu gadis berparas cantik yang memilik rambut pendek sepundak.  Ia kerap mengganggu para pemuda yang mengunjungi tempat ini. Warga sekitar juga bercerita bahwa hantu ini terkadang suka keluar hotel dan menghentikan lajur kendaraan yang melewati kawasan itu untuk menggoda pegemudinya.

Apabila kalian beruntung, ketika kalian mengunjungi tempat ini saat malam hari, kalian akan mendengar seakan-akan tempat ini sangat ramai dengan berbagai aktifitas di dalamnya. Seolah-olah mereka ingin memberitahu kepada orang-orang bahwa gedung ini memang “berpenghuni”, padahal tempat ini sudah kosong selama beberapa dekade.

Meskipun bangunan ini terbengkalai dan belum rampung sepenuhnya. Namun siapapun yang mengunjungi tempat ini, pasti dapat merasakan kemegahan yang tercampur dengan aura kelam yang menyelimutinya. Hal tersebut juga yang membuat tempat ini sekarang menjadi tujuan para wisatawan baik dari dalam negeri maupun Mancanegara.

Salah Satu Ruangan Hotel P.I Bedugul

Para wisatawan yang penasaran mencoba untuk membuktikan cerita-cerita mistis yang tersebar oleh masyarakat Bali. Tidak sedikit juga yang sengaja datang untuk menguji nyali di dalam bangunan tersebut.

Beberapa saat lalu Ghost Palace Hotel masih dijaga oleh dua orang yang dikenal sebagai Petugas Kebersihan dan Penjaga Gerbang hotel. Siapapun yang ingin memasuki kawasan bangunan ini diharuskan membayar uang retribusi sebesar 10ribu rupiah.

Namun karena banyak insiden-insiden yang terjadi kepada para wisatawan yang mengunjungi tempat ini, kabar terakhir yang didapatkan adalah bahwa kawasan Ghost Palace Hotel sekarang tertutup untuk umum dan siapapun tidak diperbolehkan untuk masuk.

 

Please follow and like us:
20

1 thought on “The Ghost Palace, Hotel Penuh Misteri di Bedugul, Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *