Penjelasan Ending Strangers From Hell, Webtoon K-Drama Thriller

Penjelasan Ending Strangers From Hell, Webtoon K-Drama Thriller

Strangers From Hell adalah drama thriller korea 10 episode yang finalnya tayang pada tanggal 6 Oktober 2019, dan jika kamu sudah menontonnya, bagaimana pendapatmu tentang ending Strangers From Hell ini?

Akhir kisah film ini memang sangat mengejutkan dengan berbagai twist yang terungkap, tetapi penumpukan fakta-fakta yang diberikan di akhir episodenya banyak membuat sebagian penonton kebingungan dan tidak memahami ending Strangers From Hell.

Dan di bawah ini Rumah Misteri akan mencoba menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di film K-drama adaptasi Webtoon ini. .

Penjelasan Ending Strangers From Hell

Film Strangers From Hell adalah salah satu K-drama yang bisa dilihat sebagai studi budaya. Sang Protagonis, Jong Woo, berasal dari latar belakang yang sederhana, kakaknya sakit seperti yang tersirat dalam film tersebut dan ibunya bergantung pada Jong Woo.

Di salah satu episode, Ibu Jong Woo meneleponnya untuk meminta uang agar dapat membayar tagihan rumah sakit kakaknya. Tidak ada sosok ayah yang mengurus keluarga Jong Woo, bahkan tidak pernah tersirat sejak episode pertama, dan ini semua berperan untuk membentuk karakter Jong Woo.

Stranger From Hell K-Drama Adaptasi Webtoon

Dalam masyarakat Korea, superioritas adalah bagian besar dari budaya, ini berarti jika kamu tidak berasal dari keluarga kaya atau latar belakang yang bagus, kamu hanya akan dianggap sebagai sampah. Jong Woo berjuang dengan semua itu dan tampaknya memendam kebencian kepada masyarakat dan orang-orang tertentu yang masih dianggapnya berada di bawahnya.

Disisi lain, Sunbae yang memberikannya pekerjaan hanya tertarik untuk berhubungan dengan pacar Jong woo, Min Ji Eun. Setiap kali ada kesempatan, Sunbae akan selalu merendahkan Jong Woo dengan berbagai sarkasme yang ia ucapkan.

Jong Woo juga merasa terisolasi, disalahpahami oleh teman-temannya dan diabaikan oleh pacarnya sendiri yang menolak untuk menganggapnya serius atau bahkan mendengarkannya tentang apa yang ia alami selama berada di Kos Eden.

Munculnya Alter Ego Jong Woo

Dia tidak memiliki sosok untuk diandalkan karena keadaan keluarganya yang sulit, dia harus menghadapinya sendirian. Itulah yang menghancurkannya secara perlahan-lahan, dan memunculkan alter ego atau kepribadian lain Jong Woo yang menyukai kekerasan.

Di seluruh episode diisyaratkan bahwa Jong Woo sudah memiliki masalah mental yang cukup berat. Dalam adegan tertentu kamu dapat melihat dia membayangkan memukuli seseorang bahkan membunuh, sebelum akhirnya ia kembali tersadar. Dia menunjukkan sekilas pikirannya yang gila selama di film ini.

Ada kejadian yang terjadi selama dinas militer yang sangat mempengaruhi dan membentuk karakter alter ego ini. Dari luar, Jong woo bisa dianggap pendiam dan penakut, tetapi ketika berada dalam tekanan berat dan ada yang menyudutkannya dia akan mulai menggila.

Review Strangers From Hell

Permasalahannya adalah alih-alih mengungkapkan amarahnya di setiap situasi, Jong woo justru lebih memilih untuk menekannya demi ‘senioritas’ atau menghormati orang yang lebih tua / mereka yang berkuasa. Karena itu, dia dianggap tipe karakter yang tidak sering marah, tetapi jika marah, dia bisa langsung membuat kekacauan.

Jika kamu bertanya bagaimana semua itu menjadi bagian twist yang ada di ending Strangers From Hell, itu karena kombinasi dari hal-hal yang ia alami dan menggiringnya kepada kegilaan di akhir cerita, itulah yang menjelaskan mengapa Jong Woo tiba-tiba hilang kendali dan membunuh empat orang padahal dia belum pernah membunuh sebelumnya.

Lingkungan, masalah mental yang sudah ada sebelumnya, dan obat-obatan yang diberikan ahjumma pemilik kos kepadanya adalah hal-hal yang mengarahkan Jong Woo kepada kegilaan di akhir cerita. Dia adalah Bom Waktu hidup, dan Moon Jo (Si Dokter gigi) mengetahui hal tersebut, dan ialah yang membuat alter-ego Jong Woo semakin “matang”.

Akhir Cerita Strangers From Hell

Untuk menjawab pertanyaan yang langsung muncul  di benakmu setelah melihat twist ending Strangers From Hell, maka jawabannya adalah, YA. Jong Woo membunuh mereka berempat.

Moon Jo sang dokter gigi kanibal berdarah dingin yang menjadikan pembunuhan sebagai hiburan adalah nyata. Dia melakukannya dengan bantuan orang-orang di kos tersebut, dan dia adalah  psikopat yang bisa melihat sifat asli seseorang, untuk kemudian “membentuk ulang” orang tersebut.

Moon Jo telah menanamkan ide-ide di kepala Jong Woo selama ini dengan mengetahui betapa kerasnya dia berusaha untuk menekan semua perasaan yang ada di dalam dirinya, Bisa dikatakan bahwa pada dasarnya dia mempersiapkan Jong Woo untuk menjadi seorang pembunuh sebelum akhirnya ia terbunuh oleh ‘ciptaannya’ sendiri.

Review Ending Strangers From Hell

Sebenarnya Moon Jo berpikir dia bisa mendidik Jong Woo untuk menjadi sahabat karibnya dan bahwa mereka akan terus melakukan pembunuhan bersama. kamu juga dapat melihat bahwa dia sangat memahami karakter dan perjuangan Jong Woo karena dia selalu mengawasinya dari jauh.

Namun yang terjadi saat itu adalah, ketika Jong Woo membunuh 3 penghuni kos, yaitu Eom Bok Soon (Pemilik Kos), Hong Nam Bok (Si Mesum) dan Byeon Deuk Jong (Si Gagap). Dia berada dalam kondisi tidak sadar, atau sedang diambil alih oleh alter ego-nya.

Sehingga ketika dia selesai dengan pembunuhan tersebut, kesadaran Jong Woo kembali dan tidak mengingat apa yang telah ia lakukan sebelumnya, yang dia ingat hanya bahwa dirinya baru saja dilepaskan dari kursi yang mengikatnya, dan memegang pisau untuk membunuh Moon Jo.

Di akhir episode kamu bisa melihat ekspresi wajah saat membunuh tiga orang lainnya yang sangat berbeda dengan ekspresi ketika dia melawan Moon Jo, karena saat itu Jong Woo berada dalam keadaan sadar dan membunuh untuk membela dirinya dari Moon Jo.

Setelah dia membunuh Moon Jo, dia mulai berhalusinasi lagi bahwa dia sedang berbicara dengan orang mati yang baru saja dia bunuh untuk membantu sisi kemanusiaannya mengatasi apa yang baru saja dia lakukan. Saat itulah Ji Eun mendengar Jong Woo yang sedang berdebat dengan dirinya sendiri.

Twist Ending Strangers From Hell

Sejak itulah, alter ego Jong Woo yang dipersonifikasikan oleh Moon Jo mengambil alih, dan mulai bersikap dan bersikap biasa-biasa saja untuk kemudian melakukan pembunuhan besar-besaran selanjutnya, dia telah menjadi Moon Jo. Moon Jo mungkin sudah mati tapi dia hidup di dalam pikiran Jong Woo.

Epilog Strangers From Hell

Untuk adegan terakhir di mana Jung Hwa (Si Polwan) melihat Moon Jo adalah bagian dari imajinasinya, dia menderita PTSD karena pengalaman traumatis yang ia alami sebelumnya. Di episode sebelumnya dia juga pernah memperhatikan bahwa Moon Jo menguntitnya.

Ending Strangers From Hell

Beberapa penonton tampaknya ada yang merasa bahwa reaksi dari detektif tehadap semua kejadian di ending Strangers From Hell sangat tidak masuk akal. Tanpa membenarkan tindakan tersebut, secara retrospektif, bahwa memang tidak setiap hari ada kejadian di sebuah Kos yang dimana dipenuhi dengan orang-orang yang gemar membantai orang lain.

Selain itu, Kos Eden berada di area terpencil dengan orang-orang “rendahan” yang tidak terlalu dipedulikan masyarakat, oleh karena itu, jika mereka hilang, tentunya tidak banyak yang akan peduli.

Sang detektif menyimpulkan bahwa Moon Jo membunuh mereka semua sebelum bertengkar dengan Jong Woo, karena menurut mereka sangat tidak mungkin bahwa seseorang seperti Jong Woo dapat membunuh semua orang tersebut.

Saat disudutkan dalam kondisi hidup dan mati oleh seseorang, satu-satunya tindakan dari naluri bertahan hidup manusia adalah menghilangkan ancama tersebut terlebih dahulu. Inilah mengapa detektif memutuskan bahwa tindakan Jong Woo terhadap Moon Jo adalah bentuk pembelaan diri.

Perlu diingat, kita sebagai penonton memang mengetahui apa yang terjadi dari awal episode mengenai bagaimana karakter Jong Woo yang mulai berubah hingga akhir cerita. Namun dalam posisi detektif yang tidak memiliki informasi itu semua, maka akan mustahil untuk menyimpulkan bahwa seorang Jong Woo membunuh mereka semua.

Review Strangers From Hell

Ada banyak cara untuk menjelaskan ending Strangers From Hell, karena ini adalah drama menegangkan yang penuh dengan metafora dan semua orang bebas menafsirkannya dengan pemahaman mereka sendiri tentang plot cerita yang disuguhkan.

Terlepas dari itu, film ini benar-benar menarik untuk membuka pandangan tentang sifat manusia, dan bagaimana sebuah keadaan dapat menghancurkannya dan membuat ulang karakter seseorang.

Seandainya Jong Woo tidak memiliki masalah mental seperti itu pada awalnya atau jika dia berada dalam keadaan yang lebih baik yang memungkinkan dia pergi dari Kos Eden tanpa harus mengorbankan harga dirinya, Apakah mungkin dia tidak akan berakhir seperti itu?

Ada satu kutipan menarik dari Ibu Jong Woo, “Berhati-hatilah dengan orang lain, karena manusia adalah makhluk yang paling jahat.”

 

Referensi:

Jazminemedia – “Strangers From Hell” Ending Explained. What Really Happened!

There are things known and there are things unknown, and in between are the doors of perception ~

16 thoughts on “Penjelasan Ending Strangers From Hell, Webtoon K-Drama Thriller

  1. Kalo yg temen jungwoo yg se-kos itu pas dia pinjem charger, gimana itu, kan dia ada charger sendiri, awalnya aku kira dia sama kek org” di kos itu

    1. Kang Seok-yoon, sepertinya hanya ingin mengetahui seperti apa orang-orang yang ada di kos Eden saat itu, karena dia adalah penghuni baru. Mungkin karena membuka percakapan dengan orang baru terkesan cukup sulit, dia jadi pura-pura pinjam charger.

    1. Halo Joww,
      Memang awalnya kita diperlihatkan bahwa ibu kos yang membunuh si mesum. Tapi di ending kan diperlihatkan semua bahwa yang sebenarnya melakukan itu adalah Jong Woo.

      Dan maaf ada sedikit kesalahan di dalam artikel sebelumnya, si mesum itu bukan Yoo Ki Hyuk, tapi Hong Nam Bok 😀

  2. Kenapa om yg preman bilang jong woo yang berniat membunuh dia? Bukannya selama ini dia disekap dan disiksa penghuni kos?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
error: Alert: Konten Dilindingi !!