Penjelajah Waktu di Film Charlie Chaplin 1928

Penjelajah Waktu di Film Charlie Chaplin 1928
Teori Konspirasi

Teori Konspirasi mengenai Penjelajah Waktu di Film Charlie Chaplin bermula dari seorang sutradara film independen di Irlandia, George Clarke, yang mengunggah rekaman film hitam putih yang diputar tahun 1928 tersebut.

Clarke menemukan rekaman tersebut dari DVD film Chaplin yang berjudul, The Circus. Ia kemudian mengunggah ulang film tersebut pada tanggal 20 oktober 2010, dan di rekaman film itu ada seorang wanita yang terlihat seperti sedang berbicara menggunakan telepon genggam.

Apakah wanita tersebut adalah seorang Time Traveler?

Wanita Yang Diduga Seorang Time Traveler

Adegan yang menangkap seorang wanita penjelajah waktu tersebut adalah adegan ekstra yang hanya terdapat di DVD originalnya saja dan bukan bagian dari film. Adegan tersebut sebenarnya rekaman yang di ambil di depan teater dan merekam orang-orang yang sedang menghadiri pemutaran perdana film tersebut.

Di cuplikan adegan tersebut kita bisa melihat ada seorang wanita yang sedang berjalan dengan posisi tangan seperti sedang menggenggam sebuah ponsel. Wanita tersebut kemudian berhenti dan jika diperhatikan lebih detail, mulut wanita tersebut bergerak seperti sedang berbicara.

Lihat videonya di sini

Clarke mengatakan:

“Satu kesimpulan yang bisa kuambil, dan akan terdengan mengada-ngada untuk banyak orang .. Wanita itu adalah seorang Time Traveler”

Rekaman tersebut sudah diperlihatkan kepada lebih dari 100 orang dan tak ada satupun yang dapat memberikan penjelasan yang masuk akal, dan sepertinya teori Time Traveler juga termasuk salah satunya.

Setelah rekaman tersebut viral dan mulai tersebar ke masyarkat luas, banyak teori-teori lain yang bermunculan.

Hoax dan Tehnik Marketing

Tak sedikit yang menduga kalo rekaman ini sebenarnya hanyalah Hoax dan Tehnik Marketing yang dilakukan oleh Clarke, karena ia ingin dirinya dikenal oleh masyarakat luas sebab beberapa tahun mendatang ia akan merilis-rilis film yang telah dibuatnya.

Namun teori ini terbantahkan karena Clarke menunjukan DVD original film Charlie Chaplin tersebut, dan bahkan orang-orang bisa membeli DVD tersebut kemudian memeriksa sendiri adegan tersebut.

 

Wanita misterius dan Telepon Genggam

Di sisi lain, banyak juga yang menyetujui teori Clarke mengenai Time Traveler. Salah satunya adalah karena perilaku dan bahasa tubuh wanita tersebut terlihat seperti seseorang yang sedang menelepon dengan telepon genggam yang tentunya belum ada di tahun 1928.

Namun masalahnya, tidak terlihat sebuah telepon genggam di tangannya. *Apakah kalian bisa melihatnya?

Jadi ini masih sebuah dugaan dan persepsi dari gerak tubuh yang diperlihatkan oleh wanita itu saja. Ada juga yang mengatakan bahwa bayangan hitam pekat di dekat telapak tangan wanita itu adalah sebuah benda padat,

Namun Author sendiri merasa itu hanya bayangan dari tangan wanita itu saja.  *Mengenai ini akan Author jelaskan di bawah

Pertama-tama kalian bisa memperhatikan foto-foto di bawah ini terlebih dahulu. Temukan persamaan posisi memegang ponsel di semua gambar tersebut.

Baca Juga:  Misteri Ratusan Burung Mati di Atas Kapal Pesiar

Orang Sedang Menelepon 1 Orang Sedang Menelepon 3 Orang Sedang Menelepon 3

Ada dua persamaan di sana:

Pertama, jari tengah, jari manis dan kelingking akan tersusun rapi dan terlihat simetris, kemudian kelingking yang menggenggam ponsel biasanya selalu berada di ujung hidung.

Kedua posisi tersebut akan membuat ponsel yang digenggam berada pada sudut 45 derajat. *Ambil ponsel kalian dan kalian bisa mencobanya sendiri.

Sekarang coba lihat tangkapan layar dari rekaman tersebut. *Author akan menambahkan sebuah ponsel imajiner mengikuti jari-jari wanita tersebut.

Ilustrasi Wanita Time Traveler Memegang Ponsel

Sangat terlihat jelas bukan, jika wanita tersebut memegang ponsel dengan cara yang sangat aneh, bahkan kelingkingnya berada di tengah hidung. Selain itu posisi jari tengah dan jari telnjuk yang terbuka lebar sama sekali tidak seperti seseorang yang sedang menggunakan telepon genggam.

Berdasarkan kejannggalan pada posisi jari-jari wanita tesebut, ada kemungkinan jika ia bukan sedang memegang telepon genggam.


Baca Juga: Dana Ratusan Triliun Untuk Kampanye Anti Rokok di Indonesia


Menutupi wajah

Banyak yang berasumsi bahwa ia sebenarnya sedang menutupi wajahnya dari sinar matahari. Namun, sepertinya asumsi ini kurang meyakinkan.

Umumnya jika seseorang ingin menutupi wajah, maka mereka biasanya menggunakan telapak tangan dengan posisi terbuka, bukan dengan jari-jari tertekuk seperti itu (kecuali wanita tersebut memiliki kelainan ada jari-jarinya)

 

Aktor pria berpenampilan wanita

Banyak juga yang berpendapat bahwa wanita itu sebenarnya adalah seorang aktor pria. Dugaan ini muncul karena sepatunya yang terlihat cukup besar dan agak aneh.

Sepatu yang digunakan wanita misterius tersebut

Walaupun dikatakan bahwa rekaman tersebut adalah rekaman orang-orang yang hendak menyaksikan pemutaran perdana The Circus, namun tetap tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa aktor di dalam sana yang berperan sebagai masyarakat umum.

Jika memang benar wanita tersebut adalah seorang pria, maka kemungkinan ia sedang berusaha menutupi wajahnya untuk menyamarkan identitasnya dari penonton.

Ketika ia berhenti dan terlihat berbicara, ada kemungkinan ia sedang berdialog dengan kru film sehingga rekaman tersebut terhenti dan berpindah ke adegan lainnya agar kita tidak menyadari kesalahan tersebut.

Dugaan ini memang masuk akal, namun tetap tidak menjelaskan mengenai keanehan posisi jari-jarinya.

 

Alat bantu dengar

Muncul teori lain yang lebih masuk akal, yaitu wanita tersebut sedang menggunakan alat bantu dengar, dan ketika terlihat berbicara ia sebenarnya sedanga mengetes pendengarannya pada alat tersebut.

*Coba kalian lihat gambar di bawah ini 

King Gowa Chair

Jangan bilang pria tua itu sedang menelepon yah, karena sebenarnya pria tua tersebut adalah seorang Raja Portugal di abad ke-19. Dan gambar di atas menunjukan sang raja sedang menggunakan alat bantu dengar yang dikenal dengan nama, The Special Acoustic Chair.

Baca Juga:  The Nine Unknown Men, Perkumpulan Rahasia Paling Berkuasa di Dunia

Ada juga alat bantu dengan jenis lain yang cukup populer pada tahun 1920-an, dan berbentuk seperti di bawah ini ..

Alat Bantu Dengar di Tahun 1920an

Jadi, ada kemungkinan wanita tersebut sedang menggunakan alat bantu dengar yang diproduksi oleh Western Electric Company di tahun 1925, dan dikenal dengan nama, Western Electric Model 34A “Audiphone”. Panjangnya sekitar 15 cm dengan lebar sekitar 8 cm.

Audiophone Western Electric Model 34A

Ya, meskipun ini baru sekedar teori, namun teori ini cukup menekankan bahwa benda kecil yang bisa digenggam seperti sebuah ponsel dijaman tersebut adalah hal yang biasa saja.

 

Menggaruk wajah atau kebiasaan lainnya

Banyak yang menyangkal bahwa wanita tersebut memegang sebuah ponsel. *termasuk Author sendiri.

Pertama, bentuk fisik ponsel di rekaman tersebut sama sekali tidak terlihat, karena itu muncul teori lain bahwa wanita tersebut sebenarnya sedang menggaruk atau melakukan kebiasaan kecil lain.

*Kalian bisa melihat videonya kembali di menit ke 05.00

Wanita Tersebut Terlihat Sedang Menggaruk

Ketika video tersebut diputar dalam gerak lambar, tepat sebelum rekaman tersebut pindah ke adegan lain, kita dapat melihat wanita tersebut mengubah posisi jarinya. Kemudian perhatikan bayangan hitam di telapak tangannya.

Bayangan tersebut terlihat berlekuk mengikuti telapak tangan wanita tersebut, hal ini juga menjadi salah satu faktor penambah bahwa tidak ada benda sejenis ponsel di genggamannya.

Kemudian, jika kalian lebih memperhatikan video tersebut secara detail, sebenarnya tidak ada bukti yang menunjukan bahwa wanita tersebut sedang berbicara. Karena yang terlihat di sana, ia hanya membuka mulutnya lalu menutupnya kembali.

Gerakan mulut sederhana seperti itu bisa berarti banyak hal, misalnya ekspresi kagum, kaget atau heran. Bahkan jika mulutnya terlihat komat-kamit pun, kita tidak bisa langsung mengambil kesimpulan bahwa ia sedang berbicara, karena bisa saja ia sedang bernyanyi atau bersenandung, kan?

Perjalanan lintas waktu ke masa lalu

Ada satu keganjilan bodoh mengenai teori ini. Jika benar wanita tersebut adalah seorang pelintas waktu dan sedang menggunakan sebuah ponsel. Lalu mengapa ia dengan berani dan santainya melakukan hal tersebut di tengah keramaian? terlebih lagi orang-orang di sana nampak biasa saja melihat wanita itu.

Baiklah, anggap saja memang benar dia adalah seorang time traveler dan sedang menggunakan ponsel, lalu dia sedang menelepon siapa? apakah ada tim traveler lain di tahun 1928? jika Ya, menggunakan apa sinyal ponsel dikirimkan? satelitkah? sedangkan satelit pertama baru ada di tahun 1957, bernama Sputnik 1.

Ataukah sinyal ponsel juga dapat melakukan lintas waktu, sehingga ia dapat melakukan panggilan ke masa kini?

Baca Juga:  Tesla Death Ray, Rancangan Senjata Pemusnah Massal Yang Hilang

Di luar semua pertanyaan di atas, perjalanan lintas waktu ke masa lalu sebenarnya memiliki persoalannya sendiri. Karena itu fisikawan ternama seperti Stephen Hawking meyakini bahwa manusia tidak dapat melakukan perjalanan waktu ke masa lampau. (Ia percaya manusia bisa ke masa depan, tetapi tidak ke masa lalu).

Sekarang anggaplah jika wanita dalam rekaman tersebut adalah benar seorang time traveler yang datang dari tahun 2010 atau 2011.

Kemudian ketika ia kembali ke masa-nya, ia menemukan bahwa dirinya terekspos di internet dan sedang menjadi pembahasan di seluruh dunia. Menyadari bahwa ia melakukan kesalahan fatal, ia mencoba kembali ke tahun 1928 untuk mencoba memperbaiki kesalahan tersebut.

Lalu pada tahun 1928 saat ia sampai di hari pemutaran perdana film The Circus, ia melihat dirinya yang lain sedang berjalan dengan santainya sambil menelepon. Kemudian sesaat sebelum dirinya yang lain tersebut terekam kamera, ia segera menghentikannya dan berkata, “Hei, jangan lewat sana, apakah kamu tidak sadar jika kamu masuk ke dalam rekaman film Chaplin yang kemudian ditemukan oleh seorang sutradara pada tahun 2010. Kamu bisa membahayakan rahasia kita.”

Kemudian dirinya yang lain tersebut mengikuti perkataanya, dan selamatlah rahasia mereka. Semua rekaman, artikel, pembahasan mengenai Time Traveler di film Charlie Chaplin menghilang dan lenyap bak ditelan bumi. *Termasuk artikel ini :p

Selesai? Tidak semudah itu.

Karena jika hal tersebut jadi maka sebuah masalah akan muncul, karena sekarang jadi ada dua wanita time traveler dengan identitas yang sama!

Jika mereka berdua bertemu di masa lalu, kemudian kembali ke tahun 2010, bukankah sekarang ada dua wanita dengan identitas yang sama di tahun tersebut, lalu jika mereka berdua kembali lagi ke tahun 1928, maka jumlah mereka menjadi empat, dan begitu seterusnya!

Paradoks inilah yang menjadi salah satu permasalahan mengenai lintas waktu ke masa lalu, masih banyak paradoks lainnya yang membuat perjalanan ke masa lampau tidak mungkin dilakukan, salah satu paradoks lainnya yang terkenal adalah The Grandfather Paradoks.

Artikel ini memang tidak dapat menjawab siapa sebenarnya wanita di rekaman tersebut. Semuanya kembali kepada kalian, teori dan penjelasan apa yang kalian percayai, karena tidak ada satupun dari kita yang dapat memecahkan misteri ini.

Atau mungkin kalian memiliki teori sendiri? Author akan sangat senang mendengarnya.

Referensi:

• Eonline.com, Charlie Chaplin Time Traveler? Here Are Some Possible Explanations.
• Wikipedia.com, History of hearing aids, The Circus 1928, Sputnik 1.
• abcnews.go.com, Time Traveler in 1928 Charlie Chaplin Film?

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*