Legenda Urban Jepang (Part 2): Aka Manto dan Kunekune

Japan Urban Legends
Legenda Urban

Legenda urban lainnya yang mengerikan dan terkenal di Jepang datang dari entitas benrama Aka Manto, atau dikenal juga dengan sebutan Jubah Merah. Penampakannya sering terlihat seperti sosok seorang pria yang mengenakan jubah atau tudung merah, beberapa versi lainnya mengatakan ia mengenakan topeng yang menyeramkan.

Tempat favoritnya adalah di toilet umum atau toilet sekolah wanita, dan selalu berada di bilik terakhir. Menurut legendanya ia akan muncul ketika kamu sudah hampir menyelesaikan urusanmu di toilet. Ketika itu ia akan menanyakan, apakah kamu ingin “Tisu merah atau Tisu biru?”.

Jika kamu yang mengalaminya, apa yang akan kamu lakukan? Apa yang akan kamu jawab? Di sinilah jebakan yang dibuat oleh Aka Manto, karena apapun jawabanmu, hasilnya tidak akan menyenangkan.

Legenda Urban Aka Manto

Misalnya kamu memilih “Merah”, maka makhluk mengerikan itu akan menikam, dan menguliti punggunmu, lalu membiarkanmu mati berlumuran darahmu sendiri. Sedangkan jika kamu memilih “Biru”, ia akan mencekikmu dengan jubahnya, atau “Mengeringkan” darah-mu sehingga kau akan mati membiru.

Memilih warna lain juga tidak dapat menyelamatkanmu, karena itu hanya akan membuatnya marah dan ia akan menemukan bagaimanapun caranya untuk membunuhmu dan membuat kulitmu berakhir dengan warna yang kamu pilih, atau mungkin dia tak peduli selama nyawamu berhasil direnggutnya?

Ada satu kepercayaan tentang bagaimana melarikan diri dari Aka Manto, yaitu dengan mengabaikan semua pertanyaan dan ucapannya. Kau hanya perlu menyelesaikan urusanmu di toilet, lalu segera pergi dari sana, dan bertingkah seolah-olah makhluk mengerikan itu tak pernah ada.

Tidak ada banyak catatan dan latar belakang mengenai makhluk yang disebut Aka Manto ini. Namun diketahui bahwa legenda urban ini telah ada setidaknya sejak tahun 1930-an, dan kisahnya sangat populer di seluruh penjuru negeri sakura ini, tentunya dengan sedikit variasi dan perbedaan versi di setiap wilayahnya.

Baca Juga:  Bakeneko, Legenda Kucing Iblis Pemakan Manusia

Misalnya, ada yang mengatakan bahwa Aka Manto sebenarnya tidak mengenakan jubah, melainkan kimono tanpa lengan. Ada juga versi yang mengatakan jika makhluk ini akan bertanya “Apakah kamu lebih suka jubah merah atau biru?”

Aka Manto

Urban Legend: Legenda Urban Jepang (Part 1): Kuchisake Onna dan Teke-Teke

Ada banyak laporan mengenai penampakan sosok mengerikan ini, meskipun sebagian besar dianggap sebagai cerita yang dibuat-buat. Namun bagimanapun, tak ada satupun dari kita yang ingin bertemu dengannya, ketika sedang melakukan urusan di toilet, kan?

Jadi ingat, jika anda beruntung bertemu dengan Aka Manto, jangan menanggapinya apalagi menjawab pertanyaannya. Cukup abaikan, dan segera pergi dari sana, maka seharusnya anda akan baik-baik saja.


Legenda Urban Jepang Kunekune

Legenda urban yang selanjutnya mungkin akan lebih aneh dan menakutkan. Kisah makhluk ini telah lama “terbentuk” di internet dan dikaitkan dengan sebuah sejarah hingga akhirnya menyentuh kesadaran publik pada tahun 2003, saat ada beberapa situs Jepang yang menampilkan laporan akan makhluk ini.

Tulisan-tulisan dalam laporan tersebut dianggap sebagai penampakan pertama dari makhluk yang sekarang dikenal dengan nama “Kunekune” yang merupakan onomatopoeia Jepang yang secara harfiah jika diterjemahkan menjadi “Putaran,” “Menggeliat,” atau “bergoyang.”

Makhluk itu sendiri digambarkan dengan bentuk humanoid yang panjang dan ramping, berwarna putih pucat, meskipun kadang-kadang dilaporkan berwarna hitam, dia bergerak dengan cara menggeliat, bergoyang-goyang, dan berkilau mirip dengan sepotong kain yang diterbangkan oleh angin, meskipun saat itu cuacanya sedang tidak berangin.

Menurut kisahnya, Kunekune akan terlihat dari kejauhan di tempat terbuka, seperti hamparan ladang atau lautan. Seseorang yang melihatnya pasti akan bertanya-tanya dan penasaran dengan sosok aneh tersebut, sehingga biasanya mereka akan bergerak mendekatinya agar dapat melihatnya lebih jelas.

Baca Juga:  The Smith Sisters, Pembunuhan Secara Anonim

Legenda Urban Jepang Kunekune

Namun justru itulah kesalahan besar mereka, Kunekune memang tidak dikatakan akan membunuh siapa saja yang bertemu dengannya, tetapi siapapun yang mencoba mendekat dan melihat Kune-kune secara jelas, maka dipastikan orang itu akan menjadi gila.

Oleh karena itu, belum ada yang bisa menjelaskan bagaimana sebenarnya sosok Kunekune jika dilihat dari dekat, karena siapapun yang berhasil melihatnya, meskipun raganya masih hidup, namun jiwanya sudah mati.

Banyak laporan yang masuk mengenai sosok aneh ini di beberapa situs serta forum Jepang, dan semuanya memberikan gambaran yang kurang lebih sama. Mereka mengatakan bahwa kisah-kisah tersebut adalah fenomena yang telah terjadi di daerah pedesaan tertentu sejak berabad-abad lalu.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*