Bloody Mary, Legenda Urban Sang Hantu Cermin

Legenda Urban

Bloody Mary, adalah sosok legenda urban yang terkenal di negara barat, terutama Amerika dan Inggris. Dikatakan entitas Bloody Mary akan muncul ketika kita memanggil namanya sebanyak tiga kali di depan cermin.

Sebenarnya banyak versi mengenai asal-usul legenda Bloody Mary ini, bahkan di beberapa negara ada yang mengatakan bahwa Bloody Mary adalah entitas yang baik dan dapat memberitahukan masa depan jika kita berhasil memanggilnya.

Namun, kali ini kita hanya akan membahas versi cerita Bloody Mary yang paling terkenal dan memiliki kisah yang kelam, kisah ini sama-sama menggunakan nama Mary Worth yang dipercaya menjadi jelmaan Bloody Mary.


⇒ Versi 1 Legenda Bloody Mary

Semua berawal dari seorang wanita penyihir yang bernama Mary Worth. Ia dipercaya sudah hidup lebih dari seratus tahun namun memiliki fisik bagaikan seorang gadis yang masih muda. Keabadiannya ini didapatkan dari ilmu hitam yang selama ini ia pelajari.

Ilmu hitam yang dimiliki Mary sangatlah kuat, ia bahkan dapat mengendalikan berbagai makhluk halus sesuai dengan keinginannya. Salah satunya adalah menjadikan gadis-gadis yang masih suci sebagai tumbal dari keabadian yang ia miliki.

Satu-satunya kelemahan yang dimiliki oleh Mary Worth adalah saat bulan purnama penuh, maka semua kekuatan ilmu hitamnya akan menghilang, dan saat itu dia akan kembali ke dalam wujud seorang wanita tua.

Dan benar saja, warga setempat yang mengetahui hal ini sudah mempersiapkan segala rencana untuk menghabisi Mary. Mereka langsung menghakiminya, dengan cara dirajam batu lalu dibakar hidup-hidup hingga tubuhnya hangus terbakar dan hanya menyisakan tulang-belulang.

Setelah kejadian itu, banyak orang yang percaya bahwa sang penyihir Mary Worth tidak mati begitu saja. Mereka meyakini bahwa jiwa mary telah diselamatkan oleh makhluk-makhluk halus pengikutnya dan di masukan ke dalam sebuah cermin yang ada di kediamannya.


Memanggil Entitas Bloody Mary


⇒ Versi 2 Legenda Bloody Mary

Mary Worth, seorang gadis mudah yang sangat cantik dan selalu menjadi pujaan semua pria yang melihatnya.  Mary sangat bangga dengan kecantikan yang ia miliki sampat suatu hari ia mengalami kecelakaan yang mengubah seluruh hidupnya.

Ia mengalami kecelakaan hebat yang menghancurkan wajah cantiknya. Meskipun sudah mendapatkan perawatan intesif dan kesehatan fisiknya perlahan mulai pulih, namun wajah Mary masih tidak dapat dikenali bahkan oleh orang tuanya sendiri.

Mengetahui hal ini, orang tua Mary berusaha menutup-nutupinya, karena mereka tau jika Mary sampai melihat wajahnya yang sekarang ia pasti akan sangat sedih dan deperesi. Semenjak itulah Mary selalu dihindarkan dari cermin, bahkan orang tua Mary membuang semua cermin yang ada di rumah.

Tapi mau bagaimanapun, pada akhirnya Mary tetap merasakan hal yang tidak beres. Ia penasaran untuk melihat wajahnya yang sekarang, hingga pada suatu malam ia mencoba mencari cermin di seluruh sudut rumahnya.

Sampai pada akhirnya ia menuju ke loteng rumahnya dan menemukan sebuah cermin seukuran tubuhnya yang tertutup kain. Ketika dia membuka kain tersebut, betapa terkejutnya ia melihat wajahnya yang buruk rupa akibat kecelakaan tersebut.

Ia langsung histeris dan berteriak sangat keras lalu menghancurkan cermin tersebut. Namun anehnya, cermin tersebut kembali utuh dan dengan tatapan yang kosong, Mary berjalan memasuki cermin tersebut. Ia bersumpah bahwa ia akan datang kepada siapaun yang memanggil namanya.


Itulah dua versi cerita yang paling terkenal tentang Bloody Mary. Memang terdengar tidak masuk akal dan terkesan seperti dongeng yang dibuat untuk menakuti anak-anak, ya.

Namun nyatanya kisah ini dikenal hingga ke seluruh dunia. Bahkan ada beberapa cerita yang serupa dengan kisah Bloody Mary, contohnya: Mary Worthington, Hell Mary, dan Black Agnes.

Bahkan nama “Bloody Mary” sendiri awalnya diberikan karena banyaknya laporan mengenai penampakan sang hantu cermin ini saat orang-orang yang penasaran mencoba memanggilnya. bahkan banyak kasus korban yang meninggal dunia tanpa alasan yang jelas karena insiden ini.

Ada beberapa penjelasan ilmiah mengenai hal ini, yaitu dikarenakan ketika menatap cermin dalam jangka waktu tertentu diruangan yang gelap atau remang-remang dapat menyebabkan seseorang berhalusinasi.

Hal ini dikenal sebagai Dissociative Identity Effect yang menyebabkan seseorang melihat bentuk wajah tampak “meleleh”, berubah, menghilang, berputar, dan beberapa efek halusinasi lainnya.

Hal ini disebabkan sistem pengenalan wajah pada otak sedang “macet” atau terinterupsi, hal demikian juga dapat terjadi ketika kita melihat suatu tulisan yang famililar dalam jangka waktu tertentu lalu tulisan tersebut menjadi terasa asing untuk kita.

Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan efek persepsi dari Troxler’s Fading dan mungkin juga karena pengaruh sugesti alam bawah sadar.

Legenda Urban Bloody Mary

CARA MEMANGGIL BLOODY MARY

  • Siapkan sebuah cermin seukuran tubuh kalian dan sebuah lilin. 
  • Bawa keduanya ke ruangan kosong. 
  • Matikan semua lampu dan penerangan yang ada. 
  • Berdirilah di depan cermin, dan nyalakan lilin yang sudah disiapkan tadi. 
  • Berputarlah sebanyak 3 kali
  • Tutup mata anda, dan sebut nama Bloody Mary sebanyak 3 kali. 
  • Buka mata anda. 

Beberapa pengalaman orang-orang yang mengatakan pernah berhasil memanggil Bloody Mary:

“Aku penasaran dengan legenda Bloody Mary ini, namun karena aku penakut, aku mengajak satu temanku untuk mencobanya bersama. Setelah melakukan ritualnya, ternyata tidak terjadi apa-apa, namun sesuatu yang aneh terjadi, ketika kami mematikan lilinnya, ternyata di cermin lilin kami masih menyala!!!”

“Aku dan temanku mencoba memanggilnya di kamar mandi, sudah kami ikuti juga semua cara pemanggilan Bloody Mary, tapi tidak terjadi apa-apa, aku pun berpikir ini hanya omong kosong belaka. Akupun meyudahinya dan menyalakan lampu, tapi.. pintu kamar mandiku tidak bisa terbuka, dan aku baru sadar temanku menghilang. Aku juga melihat sosok bayangan hitam di balik tirai yang menutupi bathup. Aku memberanikan diri untuk memeriksanya, dan ternyata temanku sudah terbaring di sana berlumuran darah dengan bekas cakaran di wajahnya.”

“Bloody Mary akan menanyakan 3 pertanyaan kepada anda, jika 1 jawaban anda salah, maka ia akan melukai anda, jika 2 jawaban salah, ia akan mengambil salah satu anggota tubuh anda, jika semua jawaban anda salah, maka nyawa anda yang menjadi tumbalnya.”

Ya, memang banyak hal yang tidak masuk akal di sini, pengalaman-pengalamam yang diceritakan orang-orang juga masih patut dipertanyakan kebenarannya. Satu-satunya cara untuk membuktikannya adalah .. mencobanya sendiri 🙂

 

Please follow and like us:
20
20
fb-share-icon20

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*